Beranda Akses Penyakit Orf Banyak Ditemukan Dinas Peternakan Kota Jambi

Penyakit Orf Banyak Ditemukan Dinas Peternakan Kota Jambi

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Jambi, Said Abubakar.
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Jambi, Said Abubakar.

KOTAJAMBI, AksesNews – Sepanjang tahun 2020 berbagai penyakit sempat ditemukan di tubuh hewan ternak yang tersebar di Kota Jambi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Jambi, Said Abubakar mengatakan sepanjang tahun 2020, penyakit Orf banyak ditemukan ditubuh hewan ternak.

“Kalau ternak besar dan ternak Kambing banyak ditemukan penyakit Orf,” katanya, Jumat (05/02/2021).

Orf sendiri merupakan sejenis penyakit kulit yang dapat menular pada sesama hewan. Ternak yang terkena penyakit ini mengalami peradangan di sekitar mulut yang mengakibatkan nafsu makan berkurang.

Hewan yang terkena penyakit tersebut, harus dipisahkan dari hewan yang lain, supaya tidak menular pada sesama hewan.

Penyakit tersebut, kata Said, biasanya disebabkan perawatan yang kurang maksimal. Apalagi dengan kondisi cuaca yang cenderung lembab.

“Penyebabnya banyak, misalnya dari segi perawatan. Dan memang dengan kondisi cuaca seperti ini, ada saja gejala penyakit pada hewan,” katanya.

Selain penyakit Orf, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi juga menemukan berbagai penyakit lain.

“Penyakit yang lagi tranding di unggas, yakni Newcastle disease (ND). Kalau anjing ada rabies. Kalau terenak kecil, seperti Kambing itu skabies,” kata Said.

Guna memutus penularan berbagai penyakit tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi sudah melakukan vaksinasi dan pengobatan.

Said pun mengimbau para peternak agar merawat hewan ternak, serta senantiasa menjaga kebersihan kandangnya.

“Kalau ada ternak yang sakit bisa konsultasi di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, supaya juga bisa diberikan perawatan,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi