Beranda Akses Dirgahayu ke-68, Polairud Polda Jambi dapat Kapal Baru dari Polri

Dirgahayu ke-68, Polairud Polda Jambi dapat Kapal Baru dari Polri

JAMBI, AksesNews – Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jambi menggelar syukuran HUT Polairud ke-68 (01 Desember 2018) di Markas Direktorat Polairud Polda Jambi, Selasa (04/12/2018).

Dalam acara tersebut, Kapolda Jambi, Irjen.Pol Muchlis AS membacakan sambutan dari Kapolri. Pesan yang di sampaikan dalam sambutan Kapolri iyalah Polairud telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya polri untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Hal ini dapat dilihat dari upaya-upaya penegakan hukum terhadap berbagai bentuk kejahatan seperti ilegal fishing , penyelundupan, narkoba serta kejahatan lainnya. Jajaran Polairud juga berperan besar dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian di bidang kemanusiaan.

Selain membacakan Sambutan Kapolri, Kapolda Jambi juga mengatakan bahwa Dirgahayu yang ke-68 ini bukanlah usaha yang sangat mudah. Muchlis pun menyampaikan bahwa Polairud Polda Jambi sudah banyak kiprahanya melakukan kegiatan kemanusiaan.

Diantaranya, membantu korban banjir kemudian mengikuti kegiatan pengamanan Pemilu termasuk penegakan hukum kepada pelaku-pelaku di perairan dan laut.

“Itu sudah menunjukkan bahwa Polair Jambi sudah bekerja maksimal, namun di satu sisi, ada keberhasilan dan ada yang harus dibenahi menyangkut pembinaan personil, kemudian perawatan peralatan dan perlangekapan,” sebut Muchlis.

Selain itu, Polda Jambi menginformasikan bahwa Polairud Polda Jambi akan menerima Kapal Baru dari Polri. Kapal tersebut menggunakan 4 mesin dengan satu mesin berkapasitas 300 PK, jadi kapal tersebut berkapasitas 1200 PK.

“Sekarang kita sudah dapat kapal baru yang memiliki kemampuan jangkauan yang lebih luas dan kecepatan lebih tinggi dengan 4 mesin, masing -masing mesin 300 PK dan kecepatan keseluruhan 1200 sub power. itu saya kira bisa mengejar kapal para pelaku kejahatan di perairan dan laut. Semoga dengan kapal ini mempermudah kinerja Polairud Polda Jambi dalam menjalankan tugas,” jelas Muchlis.

Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol.Fauzi Bakti Mochji berharap pada usia Polairud ke 68 ini kepada seluruh anggota agar bekerja menjalani tugas lebih baik lagi karena polairud sudah menambah kekuatan dan peralatan yang baru.

“Target saya di tahun 2019, kita lebih banyak mengungkapkan kasus di perairan, karena kekuatan kita sudah bertambah, sudah ada kapal yang baru yang 1200 PK dan ada dukungan yang lain dan kita koordinasi dengan Tanjabtim, mereka akan bantu kita dan memberi dukungan dengan kapal mereka,” jelas Fauzi.

Dengan adanya bantuan kapal yang baru, bukan berati wilayah perairan Jambi katagori rawan. Menurut Fauzi, ini tidak di katakan rawan, hanyasaja perairan jambi merupakan jalur lintas sehingga perlu menambahkan kekuatan tambahan.

“Kapal itu, kemarin sudah di berikan Kapolri ke Kakapolairud, Rencana besok sudah di geser. Pada minggu ke tiga kemungkinan sudah sampai dan bisa kita ujicoba,” pungkas Fauzi. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi