Beranda Akses Top 3 Akses Minggu Ini: Pembahasan Nasib Peserta CPNS 2018 Setelah Tes...

Top 3 Akses Minggu Ini: Pembahasan Nasib Peserta CPNS 2018 Setelah Tes SKD

JAMBI, AksesNews – Tahapan seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 masih berlangsung, sejumlah instansi dan daerah di Indonesia saat ini tengah mengadakan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang sudah dimulai pada beberapa pekan lalu.

Perlu diketahui, pelaksanaan seleksi CPNS 2018 ini, terdiri atas 3 tahap dengan sistem gugur yang meliputi, Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar menggunakan Computer Assisted Test (CAT), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Setiap peserta SKD, harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Untuk SKD dengan bobot 40%.

BACA JUGA: Tak Lulus ‘Passing Grade’, Apakah ‘Rangking’ Nilai Tertinggi Bisa Lulus Seleksi CPNS

Sedangkan untuk SKB dengan bobot 60%, yang terdiri dari, Seleksi kompetensi teknis jabatan yang dilamar dengan menggunakan CAT, dengan bobot 50%, Psikometri, dengan bobot 35%, Wawancara kompetensi manajerial dan sosial kultural, dengan bobot 15%.

Hal tersebut berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) sscn.bkn.go.id, untuk pelaksanaan ujian SKB akan diumumkan pada selambat-lambatnya pada tanggal 30 November 2018 nanti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto mengatakan untuk selanjutnya, akan dilakukan tes SKB yang nantinya dilakukan secara komputer juga. Untuk jadwalnya masih disusun dan akan diumumkan oleh BKN RI.

“Usai ujian SKD nanti akan diumumkan hasil kelulusannya tes CAT Peserta CPNS di sccn.bkn.go.id dan juga nanti di website BKD Provinsi Jambi di laman bkd.jambiprov.go.id,” sebutnya.

BACA JUGA: Tak Ada Ujian Ulang, Sekda Harapkan Ada Kebijakan Baru dari BKN

Dari data terakhir ada 4.276 peserta CPNS Pemprov Jambi mengikuti ujian SKD yang akan dilaksanakan hingga 6 November 2018. Tes ini untuk memenuhi 235 formasi, bagi pelamar CPNS Pemprov Jambi.

Jika tidak memenuhi kuota tersebut, apakah formasi akan dibiarkan kosong?
Akses terus informasi terbaru, terkait CPNS 2018 lainnya, klik disini

(Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi