Beranda Akses Mengenal Pekerjaan yang Beresiko Tinggi, ‘Rope Access’ Hadir di Jambi

Mengenal Pekerjaan yang Beresiko Tinggi, ‘Rope Access’ Hadir di Jambi

JAMBI, AksesNews – Saat ini telah hadir di Jambi pekerjaan yang dikembangkan dari teknik olahraga panjat tebing dan penelusuran gua bernama ‘Rope Access’, atau Akses tali dan telah diterapkan secara luas dalam pembangunan, pemeriksaan, perawatan bangunan dan instalasi industri.

Metode akses tali ini, untuk menjangkau lokasi tempat dilakukan pekerjaan dengan ketinggian, seperti gedung tinggi, menara jaringan listrik, menara komunikasi, perawatan dan perbaikan bangunan, jembatan, industri pariwisata seperti out bound, dan lain sebagainya.

Manager VC. Performa Mandiri (PM), Thomas mengatakan unit usahanya menawarkan jasa pengecatan dan bahkan pengelasan di area yang sulit dijangkau. Menurutnya, PM merupakan satu-satunya member Rope Access Trade.

Perlu diketahui, IRATA adalah asosiasi yang ada di Inggris yang mengeluarkan sertifikasi jasa akses tali berstandar internasional. “Di Indonesia, kami kami dari segelintir sekaligus perusahaan yang sertifikasi jasa rope access, termasuk jasa inspeksi,” kata Thomas, Minggu (04/11/2018).

Selain layanan jasa yang ditawarkan, pihaknya juga kerap melakukan Pelatihan, Konsultan, Layanan Inspeksi (pemeriksaan, pembersihan , inspeksi Korosi, Menambal Kebocoran Kaca dan lain-lain. Salah satu proyek yang ada di Jambi dan sudah dikerjakan yakni Swiss-Belhotel Jambi.

Thomas juga menjelaskan bahwa peluang jasa akses tali tidak datang hanya dari dalam negeri, tapi juga dari berbagai permintaan luar negeri. Keunggulan dari pengerjaan pihaknya, yakni lebih efisien, safety dan hemat biaya. Setiap orang mempunyai kemampuan khusus dan ada standarisasi tertentu.

“Kami selalu ingin mempunyai rencana, agar menjadi suatu komunitas baik di Jambi dan melakukan latihan bersama serta membina dan bekerja sama Dinas Ketenagakerjaan yang berada di Jambi,” harapnya.

Untuk diketahui, bekerja pada ketinggian mempunyai potensi bahaya yang besar. Namun, untuk mengakses lokasi-lokasi sulit, Rope Access memiliki beberapa kelebihan dibanding beberapa metode lain seperti penggunaan Scaffolding, Boom lift, Gondala, Tangga, Main cage with crane.

Diantaranya adalah Keamanan yang bisa diandalkan, Lebih Fleksibel, Tidak Menganggu Proses Produksi, dan dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi