Beranda Akses NasDem Komit ke Fasha, Ini Tanggapan Orang Dekat Fachrori

NasDem Komit ke Fasha, Ini Tanggapan Orang Dekat Fachrori

JAMBI, AksesNews – Kontestasi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah semakin menarik. Pertarungan sejumlah kandidat kini mulai terasa dipermukaan untuk bersaing maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 mendatang.

Petahana Gubernur Jambi, Fachrori Umar yang merupakan kader dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang juga sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai NasDem, sepertinya kalah cepat dengan Walikota Jambi Syarif Fasha untuk mendaftar dalam penjaringan bakal calon gubernur (Bacagub) di Partai besutan Surya Paloh itu.

Melalui timnya, Syarif Fasha secara resmi telah mengambil formulir pendaftaran Bacagub di Partai NasDem, Jumat (04/10/2019) sore, sekitar pukul 16.00 WIB. Baru Syarif Fasha yang mendaftar dan menjadi orang pertama mengambil formulir sejak penjaringan dibuka mulai tanggal 23 Oktober lalu.

Ketua Penjaringan Partai NasDem, Ismail Ma’ruf mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah banyak melakukan komunikasi dengan bakal calon lainnya, namun yang baru mengambil formulir langsung ke Nasdem hanya tim Fasha. Hingga penutupan tahapan penjaringan pada 23 September nanti, panitia penjaringan masih akan menunggu pendaftar lainnya termaksud kadernya Fachrori Umar.

“Nantikan ada mekanisme lanjutan. Setelah kongres, semua calon yang sudah mendaftar di NasDem akan diundang untuk menyampaikan visi-misinya. Sebagai panitia penjaringan, kita hanya menunggu. Siapapun yang datang, akan dilayani. Jika Gubernur datang, maka akan kami layani. Hanya saja, sekarang ini belum ada informasi apakah beliau akan mendaftar atau tidak,” jelasnya.

Setelah menyerahkan formulir pendaftaran Bacagub kepada Tim Syarif Fasha, Partai NasDem menyatakan berkomitmen untuk mengusung Fasha di Pilgub Jambi 2020 mendatang. “InsyaAllah kami dari partai Nasdem akan Komit, mengusung Pak Fasha, insyaAllah,” sebutnya.

Menanggapi hal tersebut, Tim Keluarga Fachrori, Miftahul Iklas angkat bicara terkait dengan mendaftarnya Syarif Fasha ke Partai NasDem. Terlebih pihaknya mendengar, bahwa Ketua Tim Penjaringan Partai Nasdem menyatakan NasDem akan komitmen mendukung Fasha.

“Sebenarnya pak Fachrori Umar itu sudah berancang-ancang untuk mendaftar pertama kali ke NasDem,” kata pria yang akrab disapa Paul kepada sejumlah awak media, di Kawasan Nusa Indah, Kota Jambi, Jumat (04/10/2019) malam.

Sebab, informasi yang mereka dapat untuk masa pendaftaran ke NasDem sebelumnya masih simpang siur. Dirinya mengakui, bahwa memang ada salah satu orang NasDem mengirimkan pesan (WhatsApp, red) kepada orang Fachrori, tapi memang waktu itu jadwal Gubernur padat.

FOTO: Tim Keluarga Fachrori Tanggapi Soal NasDem Berkomitmen Dukung Fasha pada Pilgub Jambi 2020.
FOTO: Tim Keluarga Fachrori Tanggapi Soal NasDem Berkomitmen Dukung Fasha pada Pilgub Jambi 2020.

Setelah itu dari kemarin sore Kamis (03/10/2019) hingga Jumat mereka sudah berencana untuk mendaftar ke NasDem. Namun setelah Fasha mendaftar, mereka mendapat kabar bahwa NasDem berkomitmen akan mendukung Syarif Fasha, yang disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penjaringan NasDem.

Atas informasi itu, dirinya langsung menghadap Fachrori Umar untuk meminta petunjuk sekaligus arahannya seperti apa. “Katanya kalau memang itu sudah diarahkan kepada Fasha, ya kenapa pula kita harus kejar, kalau memang itu sudah diarahkan kepada Fasha, itu kata Gubernur,” ungkapnya.

Lanjutnya, kata Paul, alasan kenapa Fachrori Umar tidak jadi mendaftar ke NasDem karena persoalan itu. “Sore tadi kita tidak bisa mendaftar karena salah satu alasannya itu, apakah betul itu dari juknis atau dari petunjuk dari pusatnya, kita kan tidak tahu,” tambahnya.

Biasanya, kata Paul, yang namanya pendaftaran buka penjaringan calon kepala daerah itu, siapa pun pasti akan dilayani oleh Parpol, tetapi berbeda dengan NasDem. “Kalau hari ini agak lain yang kita lihat, Fasha begitu daftar langsung ada komentar dari Ketua Tim Penjaringan,” jelasnya.

Untuk sementara, orang dekat Fachrori itu belum mengetahui secara pasti, karena pergerakan politik itu dinamis dan bisa jadi apakah nanti ada komunikasi sama NasDem Pusat itu juga belum tahu. Tapi yang jelas, kita tidak jadi mendaftar, karena sudah ada komentar mereka akan komit untuk Fasha.

Namun, menurutnya dalam waktu dekat Fachrori Umar akan segera mendaftar ke Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan yang akan memgambil formulir nanti, langsung oleh Fachrori selaku Bacagub Jambi. “Kami akan meminta pak Fachrori yang datang langsung. Karena apapun itu judulnya, kalau beliau yang datang itu lebih baik,” pungkasnya. (Bjs)