Beranda Akses Reuni Jalin Silaturahmi ke PKS Jambi, Sandiaga Uno: Bukan soal Agenda Politik

Reuni Jalin Silaturahmi ke PKS Jambi, Sandiaga Uno: Bukan soal Agenda Politik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai narasumber talk show di Kantor PKS Kota Jambi. Foto : Bjs
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai narasumber talk show di Kantor PKS Kota Jambi. Foto : Bjs

JAMBI, AksesNews – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi narasumber talk show “Berani Jadi Pengusaha Muda ala Bang Menteri” di Kantor PKS Kota Jambi, Minggu (04/09/2022) sore.

Dalam talk show tersebut, Sandiaga Uno memaparkan kunci sukses untuk menjadi pengusaha muda. Ada lima karakter dasar yang harus dipenuhi seseorang apabila ingin menjadi pengusaha muda yang sukses.

“Pertama, harus memiliki inovasi yang tinggi. Kedua, berani mengambil risiko. Ketiga, memiliki karakter proaktif. Keempat, selalu melihat dari sisi positif dan yang kelima, memiliki integritas, intelektual, serta semangat untuk bersinergi,” kata Bang Sandi sapaan akrabnya.

Pria kelahiran Pekanbaru itu juga mengatakan untuk menjadi sukses, pengusaha muda tidak boleh mudah menyerah dan jangan takut gagal. Menurutnya, pengusaha harus punya resep kegagalan. Kesuksesan itu sinonimnya kegagalan yang harus dilewati.

Selain itu, Bang Menteri Sandiaga Uno juga membahas terkait naiknya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang resmi diumumkan tanggal 3 September 2022 kemarin. Menurutnya, kenaikan harga BBM diprediksi berdampak kepada naiknya harga-harga produk ekonomi kreatif (ekraf).

“Hal ini perlu kita sikapi, kita tidak akan tinggal diam dan akan terus turun ke lapangan hadir memberikan solusi dan pendampingan agar pelaku ekraf bisa melewati atas saat-saat yang sulit ini, UMKM harus tetap kuat,” tegasnya.

Sandiaga Uno memberikan tips bagi pelaku ekraf menyikapi kenaikan harga BBM, yang pertama untuk menghitung lagi secara cermat biaya produksi, dan memastikan biaya produksi ini mengikuti daya beli masyarakat.

“Para pelaku ekraf harus memperluas relasi (jejaring), perkuat sisi keuangan membangun permodalan keuangan bisa kita hadirkan, salah satunya adalah memberi insentif,” katanya.

Saat disinggung soal agenda politik datang ke Jambi, Sandiaga Uno mengatakan, tidak ada sama sekali membicarakan perihal politik. Selama talk show, diakuinya, antusiasme generasi muda Jambi sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan isu-isu ekonomi terkini.

“Yang kita bicarakan bagaimana generasi muda agar menjadi pengusaha muda yang sukses, bukan soal agenda politik. Hubungan saya dengan PKS sangat baik sejak dulu. Selain reuni juga silaturahmi, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat Jambi,” sebut Bang Sandi.

Menurutnya, PKS adalah partai yang memperjuangkan aspirasi rakyat, yang membutuhkan solusi. Visi tersebut, sejalan dengan apa yang diperjuangkannya selama ini. Itu sebabnya, pada beberapa kesempatan hadir bersama PKS, seperti saat ini di Jambi.

“Saya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan PKS, saya merasakan bahwa PKS ini partai memperjuangkan aspirasi rakyat yang betul-betul membutuhkan suatu solusi cepat dan tanggap,” kata Sandiaga Uno, usai mengisi acara talkshow pengusaha muda di Jambi.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jambi, Heru Kustanto menambahkan, kedatangan Sandiaga Uno ke Jambi adalah dalam rangka silaturahim dan menjalin komunikasi.

“Harapan kita, Bang Menteri bisa membangkitkan pengusaha muda Jambi bisa sukses dan kedepannya bisa mengangkat UMKM, budaya dan produk lokal untuk go nasional dan internasional,” harapnya. (Bjs)