Beranda Advertorial Jadi Tuan Rumah, Nasional Lirik Potensi Seni Kreatif Jambi

Jadi Tuan Rumah, Nasional Lirik Potensi Seni Kreatif Jambi

JAMBI, AksesNews – Festival Komik dan Animasi Nasional atau Pekan Komik dan Animasi Nasional (PKAN) adalah perhelatan dunia komik dan animasi Indonesia dua tahunan yang diselenggarakan sejak 1989 oleh Direktorat kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini berlangsung selama 4-8 September di Tempoa Art Gallery Jambi.

Pembukaan Ajang FKAN X pada Rabu Malam (04/09/2019) oleh Dirjen Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut guna menyatukan para praktisi komik dan animasi di Indonesia kedalam satu sinergi untuk membangun satu ekosistem bersama, lebih jauh lagi komik dan animasi sebagai medium budaya populer bisa menjadi media strategis untuk mengangkat budaya Indonesia ke ranah global.

Dan penyelenggaraan ke 10 kali ini bekerja sama dengan Tempoa Art Gallery dan Taman Budaya Jambi Kota Jambi sebagai tuan rumah yang dipilih karena memiliki kekayaan alam budaya dan sejarah penting, temuan baru dan pemugaran situs Muaro Jambi salah satu situs sejarah terbesar di Asia Tenggara menandai pentingnya Jambi peran jambi dalam sejarah besar nusantara mengusung tema Alih Wahana Cerita dan Karakter Berbasis Potensi Lokal.

Gubernur Jambi Fachrori Umar, menyampaikan seni mengandung kreasi yang lahir dari ide-ide kreatif pelaku seni yang dapat mewarnai sisi kehidupan bahkan pembangunan manusia. “Kreatifitas merupakan kegiatan yang bagus dan saya sangat senang dengan teman-teman kesenian yang terus berkreasi,” kata Fachrori.

Gubernur Jambi mengapresiasi serta mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait lebih khusus kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menetapkan Jambi sebagai tuan rumah. “Peran penting ini perlu diketahui lebih luas oleh publik guna menggali potensi dan bakat generasi muda, mudah-mudahan Jambi lebih meningkat apalagi,” pungkasnya. (Hms)

DRadio 104,3 FM Jambi