Beranda Akses Jangkau Warga di Pelosok, Polres Tanjab Barat Luncurkan Kapal Vaksinasi

Jangkau Warga di Pelosok, Polres Tanjab Barat Luncurkan Kapal Vaksinasi

TANJABBAR, AksesJambi.com – Polres Tanjung Jabung (Tanjab) Barat meluncurkan Kapal Vaksinasi Program Pelampung Polri (Pelayanan Masyarakat Puskesmas Apung), Rabu (04/08/2021).

Program tersebut adalah salah satu inisiasi dari Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro sebagai upaya untuk percepatan pelayanan hingga ke pelosok-pelosok desa dan daerah parit yang ada di wilayah Kabupaten Tanjab Barat.

Selama ini, sejumlah Nakes harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk akses ke sejumlah lokasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terlebih memang kondisi jalan yang cukup sulit dan akan becek ketika musim hujan.

Kondisi di tengah pandemi ini juga menjadi kesulitan bagi masyarakat dalam menerima vaksin. Kehadiran Puskesmas Ampung ini diharapkan menjadi solusi untuk mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat terutama dalam upaya percepatan vaksinasi.

Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro mengatakan bahwa kapal yang dijadikan sebagai Kapal Apung tersebut adalah kapal Barang Bukti dari Tindak Pidana Penyeludupan Benur yang menjadi tangkapan pihak Polres Tanjab Barat beberapa waktu lalu.

“Kapal tersebut sudah incracht dirampas oleh negara dan dimanfaatkan oleh negara untuk hal yang berguna mendukung percepatan vaksinasi. Jadi, kapal tersebut kita gunakan sebagai transportasi bagi vaksinator untuk mencapai sasaran vaksinasi di parit-parit pelosok pesisir timur,” jelasnya.

Kapal Apung tersebut telah mulai diluncurkan dan dioperasikan perdana hari ini, Rabu (04/08/2021) dengan membawa sejumlah Vasinator menuju Pangkal Babu, Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat.

Sambutan dari sejumlah masyarakat sudah mulai menunggu untuk dilakukannya vaksinasi. Kapolres menyebutkan, bahwa diharapkan dengan adanya Kapal Apung tersebut dapat membantu percepatan vaksinasi.

“Kita berharap kehadiran Kapal Apung ini bisa mempercepat proses vaksinasi ke pelosok-pelosok tempat yang memang jauh dari fasilitas kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Tanjab Barat, Hairan, dalam kesempatan hadir tersebut mengapresiasi program dari Polres Tanjab Barat. Ia menyebut bahwa upaya ini adalah sebagai bentuk dukungan dari Polri untuk percepatan vaksinasi.

“Kita sebagai pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan terima kasih adanya inisiatif dari Kapolres untuk menghadirkan Kapal Apung untuk vaksinasi dan pelayanan kesehatan. Kita juga menyadari bahwa ada daerah-daerah yang sulit untuk di akses,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi