Beranda Akses Dalam Rapat Paripurna, Al Haris Sampaikan Program Dumisake

Dalam Rapat Paripurna, Al Haris Sampaikan Program Dumisake

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi Al Haris sampaikan Program Dumisake dalam sambutannya saat menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, yang membahas tentang pengambilan keputusan DPRD terhadap 4 Ranperda Provinsi Jambi dan penyampaian Rancangan Awal Rencana Pembengunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2021-2026, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Jambi, Rabu (04/08/2021).

“Ada beberapa upaya yang akan dilakukan selama Tahun 2021 sampai thn 2026, pertama adalah Program Unggulan Dumisake, program ini dilaksanakan oleh Perangkat Daerah untuk menu yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi serta berupa bantuan keuangan untuk menu yang bukan kewenangan Pemerintah Provinsi,” ungkap Al Haris.

Pada kesempatan yang sama, Al Haris menjelaskan bahwa, ada 3 Menu Program Utama yang dikemas di dalam Program Unggulan Dumisake, yang akan dijalankan bersama Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, selama masa jabatan 2021-2026, antara lain yaitu, Menu yang pertama adalah Program Jambi Cerdas dan Jambi Pintar, dan Menu yang kedua adalah Program Jambi Sehat, serta Menu yang ketiga adalah Program Jambi Tangguh.

Menu pertama, Dumisake adalah Jambi Cerdas dan Jambi Pintar, yang antara lain memuat internet geratis bagi seluruh Desa, Kelurahan, bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA, SMK dari keluarga miskin dan beasiswa S.III bagi PNS, Dosen dan Akbid berprestasi.

Menu kedua adalah Jambi Sehat, antara lain berupa subsidi BPJS kesehatan bagi keluarga miskin dan dukungan kegiatan Posyandu dan menu yang ketiga adalah Jambi Tangguh antara lain berupa bedah rumah, sarana dan prasarana air minum pedesaan.

Selain itu, ada juga bantuan modal kerja bagi UMKM ibu-ibu rumah tangga, bantuan sarana dan prasarana pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan bagi keluarga miskin, bantuan bibit kelapa sawit, bantuan operasional Lembaga Adat dan fasilitasi Desa tangguh bencana. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi