Beranda Akses Ombudsman Dukung Penyelidikan Kasus Pemalsuan KTP di Kota Jambi

Ombudsman Dukung Penyelidikan Kasus Pemalsuan KTP di Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Ombudsman RI Perwakilan Jambi mendukung penyelidikan kasus pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi.

Sesuai keterangan yang didapatkan Ombudsman RI Perwakilan Jambi, ada tiga tahap yang dilakukan dalam pemalsuan itu. Pertama, pencetakan KTP di luar jam dinas Dinas Dukcapil Kota Jambi.

Kedua, ilegal akses dilakukan di komputer maupun sistem pencetakan KTP. Tahap terakhir, KTP bekas dibersihkan untuk dicetak dengan identitas baru, tidak sesuai chip di dalamnya.

Sedangkan KTP terindikasi palsu yang didapatkan Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, berjumlah 18 buah. KTP itu dipalsukan dengan tiga tahap tadi.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Indra menyayangkan kejadian tersebut. Lalu berharap kasus itu diusut tuntas, demi pelayanan publik yang lebih baik.

“Kami tentu mendukung penyidik dari Ditreskrimsus Polda Jambi untuk mengusut tuntas kasus pemalsuan KTP di Disdukcapil Kota Jambi demi pelayanan publik yang lebih baik”, katanya, Minggu (04/06/2021).

Ia pun meminta seluruh pelayanan publik berkaca dengan kasus ini, supaya tidak ada lagi tindakan serupa yang merugikan masyarakat, dan mencoreng nama baik negara.

“Kami berharap hal ini tidak terjadi, sehingga meminta penyelenggara pelayanan publik untuk mematuhi standar layanan dan operasional,” tuturnya.

Sedangkan kepada masyarakat, Indra meminta dalam pengurusan administrasi dapat mengikuti prosedur yang berlaku maladministrasi, supaya terjadinya maladministrasi dapat dicegah.

“Jangan gunakan jalan pintas, ikuti SOP yang berlaku. Mari kita sama-sama mendukung pelayanan publik zero maladministrasi,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi