Beranda Akses BEI Gelar Sharia Investment Week 2024

BEI Gelar Sharia Investment Week 2024

JAKARTA, AksesNews – Meskipun telah berkembang sejak tahun 1997 yang diawali dengan diterbitkannya reksa dana syariah pertama. Tetapi, perkembangan pasar modal syariah baru mulai terasa sejak hadirnya Fatwa No.80 yang diterbitkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di BEI serta diluncurkanya Sharia Online Trading System (SOTS) pertama pada tahun 2011. Momen tersebut yang menjadi tonggak kebangkitan pasar modal syariah di Indonesia.

Sejak itu, pasar modal syariah Indonesia mengalami perkembangan pesat dan semakin diakui sebagai pasar modal syariah terbaik di dunia dengan diterimanya penghargaan internasional Global Islamic Finance Awards, untuk kategori “The Best Islamic Capital Market” selama empat kali secara berturut-turut sejak 2019 hingga 2022. Di tahun 2023, BEI juga meraih penghargaan sebagai “Lembaga Penggerak Investasi Syariah” dalam ajang Anugerah Syariah Republika 2023.

Namun dalam perkembangannya dan ke depannya, pasar modal syariah di Indonesia akan mengalami beberapa tantangan. Dengan demikian, perhelatan tahunan bertajuk Sharia Investment Week (SIW) kembali digelar tahun ini dengan mengusung tema besar “The Future of Indonesia Islamic Capital Market” yang akan membahas tentang masa depan pasar modal syariah di Indonesia, baik dari sisi investor, regulator dan akademisi, dan stakeholder lainnya dengan tetap dikemas dalam bentuk yang santai dan menarik.

Sharia Investment Week (SIW) 2024 diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menariknya, tahun ini menjadi spesial karena sekaligus merayakan lima tahun SIW yang digelar secara berkala sejak tahun 2019.

Pada tahun ini, SIW akan kembali diadakan secara tatap muka dengan tetap dapat juga disaksikan dan dihadiri secara virtual. Acara offline akan diadakan di Main Hall BEI, Jakarta. Sementara secara virtual melalui platform SIW: https://siw.idx.co.id, peserta juga dapat menyaksikan seminar dan talk show SIW 2024 pada YouTube Indonesia Stock Exchange dan IDX Islamic.

Sebagai rangkaian dari SIW 2024, BEI, KPEI, dan KSEI menyelenggarakan kompetisi video pendek dengan mengangkat tema “Aku Investor Saham Syariah” pada 20 Mei – 3 Juni 2024.
Kegiatan SIW diselenggarakan dalam rangka meningkatkan literasi pasar modal syariah yang lebih luas dan inklusif serta memperkuat branding pasar modal syariah, serta sebagai bagian dalam kampanye “Aku Investor Saham”.

Tahun ini SIW 2024 diadakan selama tiga hari pada Kamis sampai Sabtu, 6-8 Juni 2024 dengan sub-tema yang berbeda-beda, yaitu “Insights into Action: Optimizing Investment in Islamic Capital Market”, “Pasar Modal Syariah, Mau Dibawa Ke Mana?” dan “Hijrah Finansial”
SIW 2024 akan menghadirkan satu sesi seminar, lima sesi talk show, dan satu sesi powerful speech yang dimeriahkan juga dengan live performance band.

Rangkaian kegiatan literasi pasar modal syariah ini menampilkan 25 narasumber dan moderator kompeten yang ahli di bidangnya maupun public figure yang mewakili masyarakat yang telah berinvestasi di pasar modal syariah Indonesia.

Di setiap hari acara SIW 2024 juga digelar Expo dan Virtual Expo. Secara keseluruhan terdapat 49 booth pada virtual expo SIW 2024 yang dapat dikunjungi melalui website SIW 2024, termasuk 15 booth Anggota Bursa Sharia Online Trading System (AB-SOTS), 1 booth Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 1 booth Self-Regulatory Organizations (SRO), dan 1 booth IDX Mobile, yang juga dapat dikunjungi secara langsung pada venue SIW 2023 di Main Hall BEI, Jakarta.

Virtual expo SIW 2024 terbagi menjadi tiga area, yaitu area AB-SOTS, area Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Self-Regulatory Organization (SRO), serta area Manajer Investasi yang merupakan anggota Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), Bank RDN Syariah serta Lembaga lainnya.

SIW 2024 terbuka untuk publik, siapapun boleh hadir, dan gratis. Cara untuk ikutnya pun mudah, hanya perlu registrasi di website siw.idx.co.id. Setelah melakukan registrasi, peserta akan mendapatkan notifikasi bahwa registrasi sudah berhasil dilakukan dan peserta bisa melakukan login dan mendapatkan full akses website SIW. Sementara apabila berminat mengikuti acara secara langsung, peserta dapat melakukan pilihan untuk hadir langsung ke lokasi pelaksanaan SIW pada saat registrasi di website SIW.

Selanjutnya, peserta yang telah melakukan registrasi dapat langsung hadir ke Main Hall BEI, Jakarta. Namun apabila terkendala, peserta tetap dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SIW 2024 secara virtual pada website siw.idx.co.id. (Tim BEI/*)