Beranda Akses Ma’ruf Amin Harap KDEKS Bisa Dorong Ekonomi Syariah di Provinsi Jambi

Ma’ruf Amin Harap KDEKS Bisa Dorong Ekonomi Syariah di Provinsi Jambi

JAMBI, AksesNews – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin bersama istri Wurry Ma’ruf Amin hadir dalam kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (04/05/2023).

Menurut Wapres, di tengah perlambatan ekonomi global, patut disyukuri bahwa nilai transaksi ekonomi syariah tetap tumbuh karena permintaan negara tetap kuat, penguatan umat islam dunia untuk hidup halal tercatat tumbuh naik. Untuk itu perlu konsisten mendorong agar perekonomian di tanah air tetap tumbuh, dimana salah satu langkah perkembangan ekonomi yaitu dengan membentuk KDEKS.

“Pembentukan KDEKS bagi pertumbuhan ekonomi syariah sekaligus mengakselerasi pengembangan sesuai keberagaman potensi tiap-tiap daerah, selain jadi ujung tombak ditingkat lokal namun sinergi dan kolaborasi antar kepentingan dipusat dan di daerah, oleh itu saya mengapresiasi atas terbentuknya KDEKS di Jambi,” kata Wapres dalam sambutannya, Kamis (04/05/2023).

Menurutnya, jumlah penduduk jambi yang sekitar 99.76 persennya beragam islam, memiliki 4.200 mesjid dan 300 pesantren tersebar di jambi menjadi modal dan potensi provinsi Jambi. Terlebih budaya melayu Jambi juga sangat kental dengan adat istiadat dan keseharian islami, sejatinya adalah potret hiduo halal yang dapat dikembangkan tanpa mengurangi nilai adatnya.

Disampaikan Wapres, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak cukup secara parsial tapi menyeluruh pada sektor halal dan dana sosial syariah, bisnis dan ekosistem infrastruktur syariah. Untuk itu ia berharap KDEKS bisa mendorongnya, sehingga tidak hanya memberi kamaslahatan masyarakat tapi bisa signifikan terhadap perekonomian global.

“Untuk produk halal saya minta percepatan sertifikat halal pada UMKM dapat menjadi fokus dan Jambi kaya SDA sehingga perlu hilirisasi produk halal, di bidang jasa keuangan syariah perlu peningkatan literasi dan kemudahan akses masyarakat serta acuan variasi produk perbankan syariah,” lanjutnya.

Untuk bidang Pengembangan dana sosial syariah selain mendorong waqaf uang dan produktif, KDEKS bisa memanfaatkan potensi zakat untuk pengentasan kemiskinan ekstrem dan pemberdayaan usaha mikro kecil.

“Untuk bidang bisnis dan kewiraushaan syariah, saya mengapresiasi terselenggaranya Semarak Expo Jambi atau Serambi tahun 2022 , sehingga agar kontinue menggandeng lebih banyak pelaku usaha UMKM dan koperasi pesantren,” kata Wapres.

Dirinya juga mengatakan sangat mengapresiasi BI dan seluruh kantor perwakilan yang giat dan konsisten terhadap pesantren sebagai pusat ekonomi masyarakat melalui HEBITREN , termasuk di Jambi.

“Terakhir, saya mencatat pentingnya pengenalan syariah lewat kurikulum pendidikan. KDEKS Jambi dapat langsung bekerja untuk mengakselerasi program kerja strategis secara masif, efektif dan kesinambungan. Untuk itu, dengan memasukkan tema ekonomi keuangan syariah dalam RPJMD Jambi,” pungkasnya. (Rls/*)