Beranda Akses Tak Becus Selesaikan Masalah, Plt Kepala SMKN 3 Kota Jambi Diganti

Tak Becus Selesaikan Masalah, Plt Kepala SMKN 3 Kota Jambi Diganti

JAMBI, AksesNews – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Jambi digantikan, setelah dianggap tak bisa meredam pelajarnya yang bentrok dan unjuk rasa karena rebutan gedung.

Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan SMKN 3 Kota Jambi butuh Kepala Sekolah (Kepsek) definitif. Tanda tangan Kepsek dibutuhkan untuk anak kelas 12 yang akan lulus.

Selain itu, Al Harus juga mengatakan, Plt Kepsek tersebut tidak bisa meredam para pelajar yang merasa gedungnya direbut.

“Ada kondisi yang tidak bisa diatasi, saya kira perlu evaluasi. Kalau dia bagus, dan bisa mengatasi masalah itu, saya bisa mengangkat dia,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala SMKN 3 Kota Jambi yang baru, bernama Tholib, dilantik hari ini, Senin (04/04/2022). Dia alumni SMKN 3 Kota Jambi. Tentu ia ingin SMK-nya bagus dan baik. Al Haris minta beliau tertibkan sekolah ini ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra menyampaikan memang sempat terjadi kerusuhan di SMKN 3 Kota Jambi.

“Banyak terjadi kerusuhan di sana, sehingga diambil langkah seperti ini. Artinya kita meredam itu. Mungkin dengan kepala sekolah definitif dapat mengendalikan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, terjadi bentrok antara pelajar SMAN 12 Kota Jambi dan SMKN 3 Kota Jambi yang merasa gedungnya direbut dan menyerang pelajar SMAN 12 Kota Jambi yang sedang menjalankan ujian, Kamis (24/03/2022) lalu. Imbasnya, belasan orang mengalami luka-luka.

Penyerangan ini dipicu kondisi saling menggunakan gedung yang sama. Kedua sekolah tersebut, bergantian menggunakan gedung di wilayah Simpang III Sipin, Kota Jambi.

Lalu, para siswa SMKN 3 Kota Jambi melancarkan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Provinsi Jambi, Selasa (29/03/2022). Mereka mempertahankan gedung sekolah yang lama dan menolak pergi dari gedung tersebut, serta meminta SMAN 12 Kota Jambi yang dipindahkan. (Sob/*)