Beranda Akses Antrean BBM di SPBU dalam Kota Jambi Mulai Tertib

Antrean BBM di SPBU dalam Kota Jambi Mulai Tertib

JAMBI, AksesNews – Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), Kota Jambi, terpantau renggang. Tak ada ditemukan truk batubara dan truk angkutan CPO, yang mengisi BBM di SPBU dalam Kota Jambi.

Truk material dan logistik turut mengantre mengisi BBM. Namun, tidak membludak hingga di jalan.

Birin, pengendara truk angkutan material, menyampaikan sejak pembatasan pengisian solar pada truk batubara dan CPO, SPBU 23.361.03 di Paal Merah renggang.

“Kita mengangkut tanah timbun. Bukan batubara.Yang tidak boleh kan batu bara. Setahu saya begitu. Kalau ada batu bara ramai. Kalau sekarang agak renggang,” ujarnya, Senin (04/04/2022).

Udin, pengendara truk logistik berplat kuning, menyampaikan surat perjalan dari pengelola dibawanya agar bisa mengisi BBM di Kota Jambi.

“Saya dari Desa Tangkit, membawa minuman. Kebijakan ini ini bagus, kita membawa. Alhamdulillah 2 hari ini agak lancar,” ujarnya.

Bhabinkamtibmas Paal Merah, Bripka Andika mengatakan truk angkutan material bangunan di boleh mengisi solar di SPBU, dalam Kota Jambi. Namun, dibatasi maksimal 40 liter.

Ia mengatakan SPBU 23.361.03 di Paal Merah mulai tertib. Para pengendara menunjukkan surat perjalanan dari pengelola.

“Antrean kurang. Mereka membawa surat jalan juga,” katanya.

Walaupun demikian, dari pantauan pada SPBU 23.361.03 di Paal Merah, dan SPBU 24.361.42 di Jalan Haji Adam Malik, sekitar 10.30 WIB hingga 11.30 WIB tidak terlihat pengecekan surat pada pengendara sopir truk.

Hanya terlihat polisi lalu lalang, dan berhenti sejenak di SPBU. Juga seorang petugas dinas perhubungan, tapi tidak menetap di SPBU untuk mengawasi.

Sebagai kilas balik, pengguna truk batubara, truk angkutan CPO, truk angkutan perkebunan, dan sejenisnya, dibatasi mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di Kota Jambi. Kebijakan untuk mencegah antrean truk membludak hingga ke jalan.

Sesuai hasil rapat koordinasi Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, Polda Jambi, Polresta Jambi, PT Pertamina, dan lainnya, pengguna truk tadi hanya boleh mengisi solar di 5 SPBU. Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 1 April tahun 2022. (Sob/*)