Beranda Akses FPMJ dan AJI Kota Jambi Kecam Intimidasi Terhadap Redaksi Suara USU

FPMJ dan AJI Kota Jambi Kecam Intimidasi Terhadap Redaksi Suara USU

JAMBI, AksesNews – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pers Mahasiswa Jambi (FPMJ) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi, menggelar aksi solidaritas untuk Suara USU di Perempatan Simpang Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (04/04/2019).

Dari pantauan AksesJambi.com dilapangan, massa aksi yang berorasi, juga membentangkan spanduk yang berisi pesan soal kekhawatiran mereka terhadap kreatifitas mahasiswa yang dikekang oleh pihak penguasa (kampus, red).

Aksi solidaritas ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dan wujud ekspresi keprihatinan terhadap kondisi kebebasan menyampaikan akses informasi di seluruh perguruan tinggi indonesia oleh Pers Mahasiswa (Persma) yang kritis.

Untuk diketahui, cerpen berjudul “Ketika Semua Menolak Kehadiran Diriku di Dekatnya” dimuat pertama kali oleh Suara USU pada 12 Maret 2019, Cerpen karya Yael Stefani Sinaga itu, kemudian menuai pro dan kontra dikalangan internal kampusnya.

“Kami mengecam tindakan sewenang-wenang yang dilakukan Rektor USU terhadap pembredelan kreatifitas pers kampus Redaksi Suara USU. Persma bukan Humas Kampus,” kata Koordinator FPMJ, Wahyu Jati saat berorasi, Kamis (04/04/2019).

Sementara itu, Ketua AJI Kota Jambi, Ramond meminta seluruh perguruan tinggi di Indonesia dapat menghormati dan mendukung pemenuhan hak lembaga pers mahasiswa dalam mencari, mengolah, dan menyebarkan informasi melalui karya Jurnalistik.

“Pengekangan kebebasan berekspresi yang dilakukan mahasiswa di lingkungan kampus tidak dibenarkan, dan menolak segala bentuk intervensi terhadap kebebasan berekspresi bagi pegiat pers mahasiswa di kampus,” tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa sudah jelas pasal 28F Undang-undang Dasar 1945 menjamin hak setiap warga negara untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi