Beranda Akses Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, Al Haris: Pemuda Adalah Aset Bangsa

Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, Al Haris: Pemuda Adalah Aset Bangsa

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya dalam mendorong generasi muda Provinsi Jambi untuk meningkatkan skill dan keterampilan. 

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada Pembukaan Permusyawaratan Tertinggi (Tanwir) II Pemuda Muhammadiyah Tingkat Nasional yang dihadiri Presiden RI Ir. Joko Widodo secara Hybrid, bertempat di Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Jum’at (04/03/202).

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan pemuda Muhammadiyah yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah,” kata Al Haris. 

Menurutnya, pemuda Muhammadiyah juga terus berpegang pada dakwah kultural washatiyahnya dalam kontribusinya terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta senantiasa aktif hadir membantu masyarakat dalam penanganan bencana alam dan non alam, termasuk juga Pandemi Covid-19, khususnya di Provinsi Jambi.

Selain itu, Al Haris juga mengatakan, pemuda Muhammadiyah dan seluruh pemuda Provinsi Jambi terus meningkatkan kompetensi dan skill (keterampilan atau keahlian) sebagai faktor utama pembentuk daya saing.

“Sebagai pemegang estafet kepemimpinan dan juga selaku subyek pembangunan daerah dan nasional, maka pemuda harus memiliki kompetensi dan kualitas yang baik, baik dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi maupun dari sisi akhlak dan karakter,” jelasnya.

Al Haris menuturkan, pemuda adalah aset bangsa, sehingga para pemuda Muhammadiyah harus terus berperan aktif dan berkolabarosi dengan pemerintah pusat dan daerah, pemangku kepentingan serta semua pihak, guna berupaya menyelesaikan problematika daerah dan nasional dengan solusi positif. 

“Pemuda Muhammadiyah harus senantiasa berada digaris terdepan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta aktif membangun masyarakat yang berakhlak dan berilmu pengetahuan dalam rangka mencapai kehidupan sejahtera di alam bumi dan juga alam akhirat,” tambahnya.

Al Haris mengharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi seremoni rutin semata, namun dengan gagasan dan ide positif dan konstruktif dari pemuda Muhammadiyah peserta Tanwir II, akan menghasilkan spirit dan rekomendasi dalam pelaksanaan pembangunan masyarakata yang adil, maju, dan beradab.

“Pemuda Muhammadiyah harus bisa menjadi salah satu motor penggerak dan kekuatan dalam pembangunan serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pemuda Muhammadiyah juga hendaknya bisa menjadi aktor dalam melaksanakan program pembangunan untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama,” pungkas Al Haris.

Presiden Joko Widodo mengingatkan, masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Jambi yang menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Tanwir II Pemuda Muhammadiyah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi booster dalam rangka meminimalisir penyebaran varian baru Omicron.

Lebih lanjut, Joko Widodo mengatakan melalui tema “Gerakan Pemuda Negarawan” dan sebagai wujud khidmat pemuda Muhammadiyah kepada bangsa Indonesia akan didekralasikan sebuah manisfesto gerakan, dengan nama Khittah Jambi. 

“Gerakan Pemuda Negarawan bertujuan untuk mencetak kader negarawan yang berprinsip Islam, moderat, berkemajuan, inklusif, dan nasionalis dengan berpegang pada Alquran dan hadist,” ucapnya.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto, menegaskan,  pernyelenggaran Tanwir II tidak hanya sebuah rutinitas agenda organisasi semata, namun Pemuda Muhammadiyah sebagai kepanjangan tangan Muhammadiyah pada tataran pemuda memiliki tanggung jawab dan memiliki mandat untuk memastikan nasib bangsa berada dalam kondisi yang baik. 

“Pemuda Muhammadiyah memberikan energi positifnya bagi kebaikan agama, umat, bangsa, dan negara untuk terlibat aktif menyelesaikan problematika bangsa indonesia ini,” kata Sunanto. (Kmf/*)