Beranda Akses Inspektorat Tanjab Barat Akan Pelajari Dokumen Pembangunan Jalan di Tungkal III

Inspektorat Tanjab Barat Akan Pelajari Dokumen Pembangunan Jalan di Tungkal III

TANJABBAR, AksesJambi.com – Inspektorat Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat memastikan bahwa jika ada pelaksanaan pembangunan yang tidak sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tentunya menyalahi aturan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Tanjabbar, Encep Zarkasi, Kamis (04/03/2021).

Encep menyebutkan bahwa DPA adalah dasar dari pelaksanaan dan penggunaan anggaran. Sehingga jika memang ada pembangunan yang tidak sesuai dengan DPA, itu artinya tidak mempedomani aturan yang ada tentu adalah sebuah kesalahan.

“Kan sisi perencanaan sebelum pembangunan itu tentu ada, dan seharusnya dari segi pelaksanaan yang jadi pedomannya itu. Seandainya ada perubahan pun tentu ada mekanisme atau prosedur yang sesuai dengan aturan,” jelasnya.

“Apalagi jika memang telah disebutkan dalam DPA lokasinya. Kalo pun tidak tersebutkan lokasinya, pelaksanaan itu harus ada mekanisme yang benar juga. Pemilihan atau pengalihan lokasi itu juga harus sesuai mekanisme, anggaran itu kan di tentukan dengan DPRD,” tambahnya.

Sementara itu, terkait permasalahan pembangunan jalan rigit beton di Blok E menuju RT 20 BTN Pengabuan, Kelurahan Tungkal III. Encep menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara administrasi terlebih dahulu, terkait dokumen pelaksanaan pembangunan.

“Ini kami belum melihat dokumen atau data-datanya. Kita akan lihat dulu dan akan kita pelajari lebih dulu apakah sesuai dengan mekanismenya. Karena yang saya dengar ini kan ada pemindahan lokasi dan ini yang ingin kita lihat dokumennya dan kita pelajari,”ungkapnya.

“Setiap ada kesalahan tentu ada pertanggungjawaban atau sanksi. Kalau ada pelaksanaan yang tidak sesuai atau berbeda dengan aturan atau dokumen yang ada maka jelas itu salah,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan pembangunan Jalan Rabat Beton di bangun di RT 20 BTN Pengabuan, Kelurahan Tungkal III, Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat protes dari masyarakat RT 04 Blok E. Hal ini lantaran pembagunan jalan yang tengah di kerjakan tersebut seharusnya di bangun di RT 04 Blok E.

Terhadap permasalahan ini juga sudah ditindaklanjuti oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjabbar. Dimana dari tindak lanjut itu lahir kesepakatan bahwa pembangunan jalan yang tidak sesuai dengan DPA tersebut dihentikan. Sementara sisa dari pekerjaan jalan yang belum di selesaikan tersebut akan dialihkan ke Blok E menuju RT 20. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi