Beranda Akses Produksi 423 Ton Sampah per Hari, Kota Jambi ‘Incar’ Dana Bantuan

Produksi 423 Ton Sampah per Hari, Kota Jambi ‘Incar’ Dana Bantuan

KOTAJAMBI, AksesNews – Guna mengatasi masalah sampah plastik, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berpeluang mendapatkan bantuan dari International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI).

Lembaga tersebut, merupakan salah satu lembaga yang berkonsentrasi dalam pengembangan kota secara global, serta menyoroti tingkat emisi gas di Indonesia.

Disampaikan oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, ada dua kecamatan di Kota Jambi yang akan dijadikan sebagai contoh penanganan sampah.

“Pemkot Jambi akan mencoba melaksanakan projek untuk dua kecamatan, sebagai pelaksana penanganan sampah ini,” ujarnya, Kamis (04/02/2021).

Ia pun menyampaikan produksi sampah di Kota Jambi cukup besar, karena dalam satu hari bisa mencapai sebanyak 423 ton.

“Maka dari itu, sampah plastik tersebut bisa dikumpulkan dan digunakan untuk menghasilkan nilai jual. Kemudian, bisa diolah menjadi beberapa kerajinan,” ujarnya.

Sambutan baik dan ucapkan terimakasih juga disampaikan oleh Maulana, karena diberikan kesempatan untuk mengajukan proposal bantuan ini.

“Sebab di Indonesia cuma ada dua yang mendapatkan kesempatan ini, yaitu hanya Balikpapan dan Kota Jambi. Beberapa kota di dunia bersaing agar bisa dapatkan bantuan pendanaan untuk pengendalian sampah,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi