Beranda Akses Nasib PTT di Batanghari: Kontrak Diputus, Gaji Belum Dibayar

Nasib PTT di Batanghari: Kontrak Diputus, Gaji Belum Dibayar

Ilustrasi gaji. Foto: Ist
Ilustrasi gaji. Foto: Ist

BATANGHARI, AksesJambi.com – Tahun 2021 sudah memasuki bulan kedua, namun hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari belum mencairkan gaji Pegawai Tidak Tetap (PTT)/honorer yang terhitung pada bulan Desember 2020 lalu.

Hal tersebut diungkapkan RM (nama inisial, red) hingga saat ini gaji mereka di bulan Desember tahun 2020 belum dibayarkan pemerintah daerah.

“Gaji bulan Desember kemarin belum dibayar, belum tahu kapan cairnyo,” ujarnya saat dikonfirmasi AksesJambi.com melalui pesan WhatsApp, Senin (01/02/2021) lalu.

Tak hanya itu saja, selain gaji belum turun, RM yang sudah enam tahun menjadi PTT pun juga di rumahkan dan belum ada kepastian apakah kontraknya sebagai PTT akan dilanjutkan oleh dinas terkait?

“Biasanya bulan Januari SK perpanjangan diserahkan. Tapi sampai saat ini belum dipanggil oleh dinas terkait. Beberapa kawan PTT lainnya, sudah ada yang dipanggil,” sambungnya.

Dikatakannya, jika memang kontrak kerjanya tidak dilanjutkan, setidaknya pemerintah segera menyalurkan gaji yang sudah menjadi hak mereka.

“Gaji kami Rp 1.250.000 per bulannya, banyak pegawai honorer yang membiayai hidup dari situ. Tapi sampai saat ini gaji belum diturunkan,” pungkasnya.

Dilain tempat, AS (nama inisial, red) yang juga merupakan PTT yang sudah mengabdi selama delapan tahun di pemerintahan, juga turut di rumahkan dan belum menerima gajinya di bulan Desember hingga saat ini.

“Yo, sampai saat ini belum ado kejelasan tentang gaji PTT untuk Bulan Desember 2020. Mungkin gaji bulan 12 sudah dicairkan atau sudah hangus. Kami juga belum dapat kepastian gaji akan dibayarkan pada bulan apa,” bebernya.

2 Bulan Belum Dibayar, Dana Sertifikasi Guru di Batanghari Dialihkan

Terkait dirinya akan terus dipakai apa tidak untuk ditahun ini, AS mengatakan bahwa keputusan itu merupakan kewenangan dinas terkait.

“Kalau saya sampai saat ini masih dirumahkan, tapi kawan-kawan lainnya sudah dipanggil secara selektif,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Batanghari, Sehan mengatakan, memang saat ini ada beberapa PTT yang di rumahkan dan belum dilakukan pemanggilan. Dan terkait permasalahan gaji, sebaiknya segera mengkonfirmasi instansi terkait.

“Untuk melanjutkan kontrak PTT sampai saat ini belum ada petunjuk. Jika masalah gaji, teknisnya bisa ditanya ke instansi yang terkait ,” ujarnya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Selasa (02/02/2021) lalu. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi