Beranda Akses Hanya 1 Persen, dari 2789 Peserta CPNS Tanjabbar yang Lulus Tes SKD

Hanya 1 Persen, dari 2789 Peserta CPNS Tanjabbar yang Lulus Tes SKD

TANJABBAR, AksesJambi.com – Usai sudah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) hari ini, Sabtu (03/11/2018) sore.

Dari data terakhir, pelaksanaan ujian SKD ini diikuti sebanyak 2.789 orang peserta. Artinya dari 2.837 orang peserta yang lulus pada Seleksi Administrasi, ada sebanyak 48 orang peserta yang tidak hadir dan tidak mengikuti ujian SKD.

Saat ini, pihak Panitia masih melakukan rekapitulasi total keseluruhan hasil pelaksanan ujian SKD. Informasi terakhir dari total 2789 peserta CPNS Tanjabbar, yang diketahui lulus SKD ada sekitar 27 orang (red, belum hasil akhir).

BACA JUGA: CPNS Tanjabbar 2018 Banyak yang Tak Lulus Tes SKD, Nilai Ambang Batas Jadi Persoalan

Itu artinya, hanya 1 persen peserta yang nilainya melewati nilai ambang batas atau memenuhi Passing Grade. Sedangkan kuota untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar sebanyak 197 orang.

Wakil Bupati Tanjabbar, Amir Sakib yang hadir langsung pada ujian SKD dihari terakhir, mengatakan bahwa jumlah peserta yang lulus passing grade dari tes SKD menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) tak sampai 30 orang, dari informasi saat ini.

“Kalau perhitungan secara global sementara ini, dari 3 hari seleksi yang kita lihat banyak peserta CPNS yang tak memenuhi Passing Grade, hanya sekitar 1 persen yang lulus,” sebutnya.

Wabup mengakui, nilai para peserta sejak hari pertama hingga terakhir sangat jauh dari passing grade, itu artinya lanjut wabup, berdasarkan passing grade tersebut, banyak peserta yang tidak lulus seleksi ujian SKD.

BACA JUGA: Tak Lulus ‘Passing Grade’, Apakah ‘Rangking’ Nilai Tertinggi Bisa Lulus Seleksi CPNS?

Menurutnya, peserta yang tidak lulus SKD ini, tidak hanya terjadi di Tanjabbar saja, namun juga terjadi di daerah lain Dan rata-rata peserta tidak lulus tes Karakteristik Pribadi (TKP), karena passing grade untuk TKP ini 143 poin.

“Harapan kita kalau bisa semua lulus sesuai formasi yang ditetapkan, namun ternyata banyak yang tidak mencapai standar nilai. Namun bagaimanapun, kita bersyukur, pelaksanaan ujian ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Wakil Bupati Amir Sakib, meninjau pelaksanaan ujian SKD di hari terakhir, di dampingi Asisten Administrasi Umum yang juga Wakil Ketua Panitia Seleksi, Jeter Simamora, S.IP dan Kasat Pol PP Drs. Samsul Jauhari. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi