Beranda Akses CPNS Tanjabbar 2018 Banyak yang Tak Lulus Tes SKD, Nilai Ambang Batas...

CPNS Tanjabbar 2018 Banyak yang Tak Lulus Tes SKD, Nilai Ambang Batas Jadi Persoalan

JAMBI, AksesNews – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada hari terakhir, berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Sabtu (03/11/2018).

Namun, tidak semua peserta ujian yang keluar dari ruang CAT dengan wajah ceria. Sejak hari pertama, diketahui ada ratusan peserta yang tidak melewati Nilai Ambang Batas, atau tak lulus pada Passing Grade akan dianggap gugur.

Ada 3 (tiga) mata uji dalam SKD ini, yakni, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75 poin, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 poin dan Tes Karakteristik Peribadi (TKP) dengan passing grade 143 poin. Jika salah satu dari tiga tersebut di bawah passing grade dipastikan tidak lulus CPNS 2018.

BACA JUGA: Hanya 1 Persen, dari 2789 Peserta CPNS Tanjabbar yang Lulus Tes SKD

Indri (25) salah seorang peserta asal Kuala Tungkal mengaku puas dengan nilai yang dihasilkannya, meskipun masih belum memenuhi passing grade. “Ya, meskipun belum bisa lulus, saya sudah berusaha. Saya tidak lulus di TKP (Tes Karakteristik Peribadi),” sebutnya.

Selain itu, ia juga mengatakan kegagalan ini bukan akhir dari sebuah perjuangan. Sebab, masih ada hal yang kemungkinan lebih baik dibandingkan dengan apa yang ingin dicapai saat ini.

Sementara Kartika (27), lulus passing grade dengan hasil yang cukup memuaskan, ia mengaku senang bisa lulus dalam proses tes ini. “Alhamdulillah, bisa melewati passing grade, semoga tahun ini bisa menjadi PNS, amin,” katanya dengan wajah bahagia.

Untuk diketahui, peserta yang dinyatakan lulus passing grade bukan berarti sudah ditetapkan sebagai CPNS. Hasil akhir yang lulus akan dirangking lagi sesuai dengan kebutuhan formasinya masing-masing. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi