Beranda Akses Kiriman Tetangga, Asap Tebal Kembali Selimuti Kuala Tungkal

Kiriman Tetangga, Asap Tebal Kembali Selimuti Kuala Tungkal

TANJABBAR, AksesJambi.com – Kabut asap tebal kembali mengepung Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi jambi, Kamis (03/10/2019) pagi ini. Setelah sebelumnya, hampir sepekan kabut asap menghilang akibat diguyur hujan.

Kembalinya kabut asap sejak pagi hari tentu mengganggu aktivitas warga dan jarak pandang juga menjadi terbatas hingga 700 meter. Setelah dinyatakan clear beberapa waktu lalu tanpa kabut asap, pagi ini kabut asap kembali menyelimuti sejumlah wilayah akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa daerah di sumatera.

Sejumlah pengendara kendaraan dan warga terlihat menggunakan masker saat mengendarai kendaraan mereka, hal itu dikarenakan dampak kabut asap membuat udara tidak sehat dan bau menyengat menggangu sistem pernapasan.

Ikhsan, warga setempat, menyayangkan kembalinya kabut asap di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, karena sangat menganggu aktivitas bagi masyarakat. “Kemarin itu kan sempat sudah tidak ada lagi kabut asap karena ada hujan, terus kami kembali berativitas seperti biasa, tapi hari ini kabut asap kembali menyelimuti kabut asap,” pungkasnya.

Berdasarkan keterangan Kepala BPBD Kabupaten Tanjabbar, H. Kosasih, mengungkapkan bahwa di Tanjabbar nihil titik api, kabut asap di Kuala Tungkal merupakan kiriman dari Kabupaten tetangga yakni Muara Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

“Kalau di Kabupaten Tanjabbar tidak ada titik api, kabut asap hari ini merupakan kiriman dari kabupaten tetangga,” kata Kosasih, Kamis (03/10/2019) pagi.

Menurutnya, hujan deras yang mengguyur Kuala Tungkal dan sekitarnya kemarin juga belum merata. Berdasarkan pantauan, jarak pandang di Kota Kuala Tungkal sekitar 100 meter, sementara di perairan laut jarak pandang sekitar 50 meter. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi