Beranda Akses Menangis Meraung-raung: “Ya Allah, Api Ya Allah”

Menangis Meraung-raung: “Ya Allah, Api Ya Allah”

JAMBI, AksesNews – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Muaro Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi di kawasan Londrang sekarang masih terbakar hebat, kebun gontor hanya terkena imbas dari lidah api yang ikut terbakar.

“Ya Allah, inilah kondisi kebun kita ya Allah. Api ya Allah. Astagfirullah ya Allah, semua titik ya Allah,” kata salah satu warga yang merekam kebakaran di kawasan tersebut sambil menangis meraung-raung, Selasa (03/09/2019).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjabtim tercatat hingga awal September 2019, kebakaran lahan masih terjadi di Tanjabtim yang didominasi dari lokasi sebelumnya kembali terbakar akibat kemarau yang berkepanjangan.

Sampai saat ini, total luasan lahan terbakar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mencapai 37.98 hektare, dengan sebaran di Kecamatan Dendang, Sadu, Berbak dan Mendahara ulu yang tertinggi kasus kebakaran lahannya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi mendeteksi sejumlah titik panas kembali terpantau di wilayah Provinsi Jambi. Setidaknya ada lima titik panas terdeteksi pada Senin (02/09/2019) sore.

Titik panas ini terpantau pada update pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB Senin sore. Berdasarkan pantauan sensor modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP (Tingkat Kepercayaan >50%), di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dua di Kecamatan Berbak dan tiga titik di Kecamatan Dendang. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi