PPDB Masih Banyak Bermasalah, Pinto: Catatan Penting untuk Disdik

JAMBI, AksesNews – Penerimaan Siswa baru atau yang sering disebut dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) banyak mengalami masalah dari tahun ke tahun, mulai dari aturan hingga teknis di lapangannya.

Karena pentingnya hal itu status pendidikan bagi anak bangsa menjadi sorotan oleh Pinto Jayanegara, selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Ia menjelaskan bahwa, pendidikan adalah hak dari warga negara atau masyarakat yang dijamin oleh undang-undang serta negara dan pelaksana teknisnya adalah Dinas Pendidikan (Disdik) dalam hal ini untuk sektoral wilayah khususnya pendidikan tingkat SMA.

“Pendidikan itu adalah hak yang bagi setiap masyarakat, dan negara wajib memfasilitasi terutama dalam hal ini Disdik Provinsi Jambi untuk wilayah SMA karena ini adalah jenjang terakhir bagi siswa untuk melanjutkan taraf pendidikan nya setelah itu kalau dia mau bekerja silahkan anak kuliah yang penting telah selesai dari SMA,” jelasnya.

Mendengar banyaknya permasalah dari PPDB khususnya untuk SMA ini, Pinto memfokuskan kepada Dinas Pendidikan untuk terus mencari setiap solusi terbaik dari permasalahan PPDB ini.

“Tiap tahun memang masalah PPDB ini tidak asing lagi, banyak sekali permasalahan yang ada contohnya di Merangin itu SMAN 7 hanya beberapa siswa saja yang masuk ke sana. Belum lagi seperti di Kota Jambi ini, daya tampung dan sekolah ruang kelas yang kurang,” ungkapnya.

Menurutnya, hal-hal seperti itu seharusnya bisa diantisipasi dengan setiap pihak untuk duduk bersama mulai dari teknis zonasi yang tidak beririsan dengan sekolah lain radiusnya. Terus dengan sekolah swasta ada aturan terkait biaya agar terjangkau, sehingga yang tidak tertampung di sekolah negeri bisa di sana.

“Hal-hal semacam ini harus menjadi catatan penting bagi Dinas Pendidikan selaku OPD pelaksana agar terjadi pemerataan pendidikan bagi masyarakat,” tutupnya. (Mfa/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here