Beranda Akses Batik Khas Jambi Jadi Cinderamata pada Edukasi Jurnalistik di Bandung

Batik Khas Jambi Jadi Cinderamata pada Edukasi Jurnalistik di Bandung

BANDUNG, AksesNews – Salah satu batik khas dari Jambi, yakni Batik Sipin Jajaran menjadi cinderamata (buah tangan) kepada moderator dan pemateri Edukasi dan Workshop Penyegaran Jurnalistik di Bandung, Rabu (03/07/2019).

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh SKK Migas, Pertamina EP dan Tempo Institute di Novotel Bandung, untuk wartawan Sumatra Bagian Utara dan Sumatra Bagian Selatan dan Mitra L&R Asset 1 dan 2, selama 3 hari dari tanggal 3-6 Juli 2019.

Sekitar 50 peserta yang merupakan wartawan dan humas Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2 pada hari pertama diberikan materi mengenai berita dan hoaks yang dipandu oleh modetaror Direktur Tempo Institute dengan Pemateri dari Mabes Polri dan Dewan Pers.

Usai materi disampaikan, Asset 1 Legal & Relation Manager Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, M. Rizal Rukhaidan mengatakan bahwa Batik Sipin Jajaran merupakan salah satu dari kerajinan kelompok Batik dibawah bimbingan dan binaan dari Pertamina EP Jambi.

“Batik Sipin Jajaran dikenal dengan keunggulan proses produksinya yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan baku dari tanaman sebagai pewarna alami,” kata Rizal saat memberikan buah tangan kepada pemateri pelatihan tersebut.

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas utama mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target produksi yang telah ditetapkan.

Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga melaksanakan kegiatan yang memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, salah satunya dengan pelestarian kesenian tradisional Batik Sipin.

Untuk diketahui, Pemberdayaan kelompok kerajinan batik sipin dibina oleh PT Pertamina EP Asset 1 Jambi Field. Pada tahun 2019, kelompok binaan tersebut telah berhasil menjadi salah satu peserta Palembang Fashion Week.

“Beberapa motif unggulan yang menjadi ciri khas Batik Sipin Jajaran, antara lain; Ikan Seluang Mudik, Ikan Bajubang, dan Buah Nam-Nam,” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi