Beranda Akses Museum Siginjai Suguhkan Pengetahuan dan Adakan Berbagai Perlombaan

Museum Siginjai Suguhkan Pengetahuan dan Adakan Berbagai Perlombaan

JAMBI, AksesNews – Walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir, Museum Siginjai tetap eksis di Provinsi Jambi. Museum ini siap menerima kunjungan dan menyajikan pengetahuan tentang kebudayaan dan sejarah di Provinsi Jambi, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Disampaikan oleh Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum, Rimala Isma, memang sejak pandemi Covid-19 melanda, kunjungan di Museum Siginjai terbilang sepi.

Dari bulan Januari hingga Maret tahun 2021, hanya 378 orang yang tercatat berkunjung di sana. Padahal, sebelum pandemi, kunjungan di museum itu bisa mencapai 900 orang dalam satu bulannya.

“Karena sebelumnya kita sudah kejar bola, kita langsung ke sekolah-sekolah. Kami sarankan kegiatan ekstrakurikuler juga berlangsung di museum,” katanya, Kamis (01/04/2021).

Kabar baiknya, kata Rimala, Museum Siginjai kembali mengajak pihak sekolah agar mengantarkan para murid berkunjung, serta belajar tentang kebudayaan dan sejarah di museum.

Kegiatan ini, tentu saja harus diiringi dengan serangkaian protokol kesehatan Covid-19. Rombongan yang berkunjung di Museum Siginjai dibatasi 10 orang. Jika lebih dari itu, rombongan akan dipisah dengan pemandu yang berbeda.

“Misalnya ada yang menonton film yang kami sediakan. Ada yang diajak melihat koleksi di lantai atas dengan pemandu yang berbeda,” tuturnya.

Tidak hanya sebatas menerima kunjungan dan menyajikan pengetahuan saja. Eksistensi museum ini juga mengadakan perlombaan dalam rangka melestarikan kebudayaan di Jambi.

Dalam bulan April tahun 2021, kata Rimala, Museum Siginjai akan menggelar lomba permainan tradisional. Undangan untuk murid tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah disebarkan, agar mereka mengikuti lomba permainan tradisional yang dimaksud.

“Tanggal 7 April (2021) nanti ada lomba Bakiak. Lalu ada lomba gasing pada tanggal 8 April (2021). Tujuannya, untuk melestarikan permainan tradisional dan meramaikan museum ini,” lanjutnya.

Selain itu, pihak Museum Siginjai juga mengadakan berbagai lomba dan kegiatan pada bulan Mei hingga Juli tahun 2021. Lomba yang dimaksud, misalnya berupa perlombaan film dokumenter, fotografi dan sebagainya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi