Setara Jambi Berdayakan 10 Komunitas Pengelola Sawit, 4 di Antaranya Sudah Berhasil

JAMBI, AksesNews – Setara Jambi telah melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan para petani tanaman pangan, kelapa sawit, dan karet yang menjadi komoditas andalan di Provinsi Jambi. Ini diungkapkan dalam workshop meliput isu lingkungan yang merupakan rangkaian Konferta ke-V AJI Jambi, bertempat di Mahligai Tower, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (02/03/2024).

Sustainable Rubber Program Setara Jambi Rachmat Fauzan mengatakan pihaknya memberdayakan para petani yang menghasilkan tiga komoditi itu dengan target pertanian berkelanjutan. Misalnya, dengan mengedukasi para petani untuk memaksimalkan produktivitas perkebunan sawit, tanpa memperluas lahan pertanian ini.

Terkait pengelolaan perkebunan kelapa sawit, Setara Jambi saat ini memberdayakan 10 komunitas. Ada empat komunitas yang diklaim sudah berhasil.

“Komunitas yang sudah berhasil akan menjadi contoh untuk enam komunitas lainnya yang saat ini dalam proses pendampingan. Kita pun mendorong kawan-kawan menanam pohon di area pinggir sungai dekat lahan sawit mereka,” katanya.

Tidak hanya pelatihan, Setara Jambi turut membantu para anggota komunitas itu mendapatkan BPJS ketenagakerjaan, menyalurkan beasiswa untuk anak petani kelapa sawit, bantuan pembangunan fasilitas sekolah, dan santunan lainnya.

Setara Jambi pun telah membuat lubuk larangan di dua titik lokasi sepanjang 1,2 kilometer. Program ini dalam kajian mengenai dampaknya, dan akan ada lubuk larangan tambahan.

“Model yang lebih baik untuk melakukan konservasi kita. Ikan di dalam itu kalau merasa nyaman, pasti bisa berkembang biak lebih besar,” kata Fauzan.

Terkait perkebunan karet, Setara Jambi telah memberikan pelatihan kepada sekitar 1.000 petani agar dapat menerapkan pertanian yang terbaik. Juga mengenalkan pola tanam tumpang sari dengan tanaman kapulaga untuk menekan tumbuhnya jamur akar putih.

“Bekerja dengan perusahaan, para petani juga diajak untuk melihat proses dari pembelian karet hingga bokar siap di ekspor ke luar negeri. Ada 800 lebih petani yang mengikuti kunjungan pabrik ini,” ujar Fauzan.

Para petani yang didamping Setara Jambi juga didorong menggunakan pupuk kompos atau organik yang ramah lingkungan. “Kita mengurangi pupuk kimia. Jadi, petani petani anggota itu tidak menggunakan pupuk kimia lagi,” kata Fauzan.

Setara Jambi saat ini juga sedang melakukan pemetaan lahan pertanian pangan, termasuk persawahan. Ke depan yayasan ini turut memberdayakan petani tanaman pangan di Jambi.

Dalam workshop yang digelar AJI Jambi itu, Walhi Jambi dan KKI Warsi turut memberikan materi. Para mahasiswa/i, dosen, dan jurnalis, menyimak tentang krisis iklim dan bagaimana memitigasinya.

Setelah workshop, AJI Jambi melakukan konferensi pemilihan pengurus. Suwandi terpilih menjadi Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jambi periode 2024-2027. Ia didampingi Rifani Halim sebagai Sekretaris AJI Jambi.

Mereka terpilih dalam Konferta ke-V yang digelar di Mahligai Tower, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (02/03/2024). Keduanya mengungguli pasangan calon pengurus, yakni Gresi Plasmanto dan Kurnia Sandi.

Suwandi dan Rifani meraih 14 suara, sedangkan Gresi dan Sandi mendapatkan 8 suara. Selain ketua dan sekretaris, dalam konferta itu dibentuk pula Majelis Etik, dan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Jambi. Majelis Etik AJI Jambi diemban oleh Jon Afrizal, Lily Rambe, dan Kurnia Sandi. Sedangkan MPO diduduki oleh Suang Sitanggang, Gresi Plasmanto, dan Mareza Sutan AJ.

Suwandi kala itu sempat mengungkapkan visi dan misi hingga program yang akan diwujudkannya. Ia akan membuat program yang menekankan anggota sejahtera, inklusi, dan kompak yang disingkat ASIK. (Rls/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here