Beranda Akses Kapolda Jambi Resmikan Mako Polsubsektor Sungai Gelam

Kapolda Jambi Resmikan Mako Polsubsektor Sungai Gelam

MUAROJAMBI, AksesNews – Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi oleh Kapolres Muarojl Jambi AKBP Ardiyanto, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro meresmikan Mako Polsubsektor Sungai Gelam dibawah naungan Polsek Jaluko, bertempat di Kecamatan Sei Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (03/02/2021).

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rachmad Wibowo dalam sambutannya mengatakan masyarakat akan melaksanakan kegiatan sehari-harinya dengan lancar apabila situasi didaerah tersebut kondusif.

“Kehadiran Polri supaya dekat dengan masyarakat yang satu simbolnya adalah gedung kita ini. Ada 7 Polsek di wilayah Muaro Jambi dan ada 3 Polsubsektor, untuk Kecamatannya ada 11 kecamatan,” sebutnya.

Jadi ada Polsek yang menangani lebih dari 1 Kecamatan, tentunya ini akan lebih efektif kalau dipakai konsep community police bagaimana mempolisikan masyarakat dan polisinya menjadi masyarakat yang humanis yang dekat dengan masyarakat kemudian masyarakatnya juga memiliki jiwa sebagai seorang polisi.

Kapolda juga berharap kepada Bupati agar dapat kembali menganggarkan untuk pembangunan masjid dikawasan Mako Polsubsektor Sungai Gelam, agar masyarakat yang melintas dapat menumpang sholat dan bersilahturahmi dengan polisi.

“Kalau yang shalat di sini banyak, semakin banyak berkatnya kita dan yang paling penting juga adalah komunikasi kita dengan masyarakat bisa terjalin,” katanya.

Kapolda Jambi juga sudah memberikan arahan kepada para Kapolres jajaran Polda Jambi untuk membuat forum kemitraan polisi dan masyarakat dengan membentuk suatu balai kemitraan polisi dan masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto mengatakan pihaknya telah mengusulkan ke Polda Jambi Polsubsektor yang berada di wilayah hukum Polres Muaro Jambi ditingkatkan menjadi Polsek.

“Informasinya dari Polda sudah menindaklanjuti kepada Asrena dan saat ini sedang dalam proses di Mabes Polri dan informasinya sudah di meja dari kementerian Menpan RB,” katanya.

Kapolres menjelaskan bahwa bangunan yang saat ini diresmikan berdiri di atas tanah milik polri yang sudah berstatus sertifikat hak milik yang telah diberikan oleh pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dengan luas 3113 M2, saat ini telah dibangun gedung dengan luas 561 M2 dengan dana hibah APBD Kabupaten Muaro Jambi tahun 2020.

“Anggaran sebesar Rp 2,9 miliar, dan pengerjaan pembangunan proyek dimulai pada awal Agustus 2020 serta selesai akhir Desember 2020,” katanya.

Bupati Muaro Jambi Masnah Busroh mengatakan pihak Pemkab juga berencana akan membangun kembali posubsektor di kecamatan Sei Bahar dengan anggaran dana APBD sebanyak Rp 2 miliar. “Ini juga tidak lepas dari bantuan semua pihak,” katanya.

Masnah juga berharap, disetiap kecamatan yang berada di Kabupaten Muarojambi memiliki Polsek masing-masing, agar masyarakat merasa aman, nyaman dan terjadi situasi yang kondusif. “Saya pengen sekali disetiap wilayah yang ada di Muaro Jambi itu ada Polseknya,” harapnya.

Untuk tahun 2021, Pemda berencana kembali menganggarkan untuk finising pembangunan Pol Subsektor Sei Gelam untuk pembangunan pagar dan pemasangan Konblok, agar masyarakat yang ke Pol Subsektor Sei Gelam menjadi nyaman. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi