Beranda Akses Mahasiswa Profesi Apoteker UNTAG Jakarta Gelar Penyuluhan Penyakit Hipertensi

Mahasiswa Profesi Apoteker UNTAG Jakarta Gelar Penyuluhan Penyakit Hipertensi

JAMBI, AksesNews – Sejumlah mahasiswa Profesi Apoteker Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Jakarta menggelar penyuluhan penyakit hipertensi kepada masyarakat di Jalan Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (01/12/2019) kemarin.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB, yang menyasar kepada masyarakat dan warga yang melintas pada waktu Car Free Day (CFD). Para mahasiswa tersebut melakukan pengukuran tekanan darah dan membagikan leaflet tentang hipertensi kepada masyarakat.

Idil Martha, salah seorang mahasiswa yang ikut melakukan penyuluhan tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dari penyakit hipertensi.

“Ini sebagai wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang ditugaskan kampus,” tutur Mahasiswa asal Provinsi Jambi ini kepada AksesJambi.com, Senin (02/12/2019).

Selain itu, Idil juga mengungkapkan, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki kepekaan untuk menjaga kesehatan, ini dibuktikan tidak menjaga pola makan dan melakukan olahraga serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Khusus penyakit hipertensi, jika tidak di deteksi sejak awal bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti stroke, jantung, gagal ginjal dan kerusakan pada mata. Kegiatan penyuluhan ini diberikan kepada masyarakat pada kalangan remaja dan lansia,” jelasnya.

Patut disayangkan saat ini banyak masyarakat yang belum memiliki kepedulian terhadap kesehatan badannya. Banyak masyarakat yang masih sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan hingga kurang melakukan aktivitas gerak fisik setiap hari.

Oleh sebab itu, para mahasiswa/i Apoteker Universitas 17 Agustus 1945 ini, mengadakan penyuluhan ini agar bisa mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan secara pribadi.

“Kegiatan ini berlangsung lebih kurang 2 jam mulai dari pengarahan sampai dengan penjelasan dari materi penyuluhan yang telah kami siapkan sebelumnya,” tambahnya.

Untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi, para mahasiswa juga memberikan leaflet kepada masing-masing peserta dan memberikan tensi gratis yang mengikuti kegiatan penyuluhan ini.

“Seseorang bisa dikategorikan mengidap hipertensi bila tekanan darahnya lebih dari 120/80 mmHg. Oleh karena itu, terutama bagi orang dewasa, sangat direkomendasikan untuk melakukan pengukuran tekanan darah ke dokter melalui cek lab rutin setidaknya setiap 1 tahun sekali, atau 6 bulan sekali jika punya riwayat penyakit dalam, dan jika punya hipertensi maka bisa melakukan cek sendiri di rumah seminggu sekali,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dilakukan para mahasiswa UNTAG Jakarta untuk memenuhi tugas perkuliahan yang diberikan oleh Dosen Mata kuliah Farmakoterapi Terapan, Ibu Aprilita Rina Yanti Eff, M. Biomed., Apt untuk melalukan penyuluhan kepada masyarakat. (Bahara Jati)