Beranda Akses Warga Tungkal Harapan Keluhkan Asap Batubara Gudang Alo

Warga Tungkal Harapan Keluhkan Asap Batubara Gudang Alo

TANJABBAR, AksesJambi.com –  PT Pelita Sari atau yang kerap disebut Gudang Alo yang berada di RT 10 Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat tersebut diduga mencemari lingkungan saat melakukan pengolahan kelapa dalam dengan menggunakan bahan bakar batubara.

Sejumlah warga di sekitar lokasi gudang tersebut mengeluh, mereka mengatakan jika saat pembakaran kelapa dalam dengan menggunakan batubara mengeluarkan bauk asap batubara sangat menyengat.

“Bauknya nyengat sekali ini, pembakaran itu biasanya pagi jam enam lebih kurang satu jam lebih lah,” kata warga setempat.

Sementara itu, Budi, Warga RT 10 Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilur juga mengeluhkan dampak dari asap pabrik pembuatan kelapa di Gudang Alo. “Asapnya hitam, bauknya ampun,” sebutnya.

Dirinya juga menyebutkan jika dulu sempat beberapa kali di protes masyarakat. Gudang itu sempat berhenti menggunakan batubara dalam pembakaran. Namun, tiga bulan terakhir Gudang Alo menggunakan kembali batubara.

“Dulu sempat di protes masyarakat, dan masyarakat mengumpulkan tanda tangan dan waktu itu sempat berhenti tidak lagi gunakan batubara,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak perusahaan atau gudang tersebut belum ada menanggapi terkait keluhan warga Tungkal Harapan yang terimbas dari pembakaran menggunakan batubara tersebut. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi