Beranda Akses Tiga Pelaku Pembalakan Liar Ditangkap di Kumpeh

Tiga Pelaku Pembalakan Liar Ditangkap di Kumpeh

MUAROJAMBI, AksesNews – Satuan Tugas Gabungan (Satgasgab) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi meringkus tiga orang pelaku pembalakan liar (illegal logging), di Kawasan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (02/10/2019).

Para pelaku tersebut yakni, MF Warga Kerinci, GC Warga Sumatra Selatan dan SS warga asal Riau. Ketiganya sempat melakukan aksi kucing kucing dengan petugas Satgasgab Karhutla di lokasi. Dalam penangkapan itu, ikut diamankan 350 kubik kayu.

Kabid Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Jambi, Taufik Bukhari, mengatakan ketiga pelaku ditangkap bersama barang bukti berupa kayu sebanyak 350 kubik yang terdiri dari kayu gelondongan dan kayu sudah di potong.

“Semua akumulasinya segitu. Para pelaku tersebut, hanya mengambil kayu jenis meranti dan kayu jenis lainnya. Hanya dua jenis kayu yang diambil mereka,” sebutnya.

Saat ini, ketiga pelaku pembalakan liar tersebut masih dalam proses pengembangan dan diperiksa secara intensif oleh tim Gabungan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Masih akan diperiksa dulu, mereka baru ditangkap oleh tim Satgasgab Karhutla Provinsi Jambi. Penyelidikan masih dikembangkan untuk mengarah ke pemilik, karena dari tiga pelaku mengaku bukan pemilik dan hanya anak buah,” ungkapnya.

Jumlah mereka (red, pelaku), kata Taufik, diperkirakan lebih dari tiga orang. Diduga mereka berkelompok dalam melakukan aksinya, yang lain kemungkinan sudah kabur. Pelaku ini mengaku dibayar oleh seseorang, namun keterangan tersebut belum dapat dipastikan karena proses pemeriksaan baru akan dilakukan.

“Mereka beroperasi di dalam hutan sudah lebih kurang 15 hari dan diduga juga melakukan pembakaran hutan. Semua kita masih dalami terkait apa yang dilakukan selain illegal logging. Pengakuan sementara mereka dibayar tapi belum menyebutkan berapa nominal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, petugas melakukan pengintaian selama 5 (lima) hari sebelum penangkapan tersebut. Para pelaku ini juga diduga lebih dari lima orang. Saat ditangkap ditemukan alat pemotong kayu, mesin Sinso dan kayu yang siap di bawa dan kayu gelondongan. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi