11 Kelompok Tani di Parit Bugis Segedong Terima Bantuan Mesin Perontok Padi

Penyerahan bantuan mesin perontok padi di kelompok tani. Foto. Ist
Penyerahan bantuan mesin perontok padi di kelompok tani. Foto. Ist

KALBAR, AksesNews – Pemerintah Desa Parit Bugis Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimatan Barat (Kalbar) menyalurkan bantuan alsintan atau alat mesin pertanian berupa mesin perontok padi mini, Jumat (02/09/2022) sore.

Sebanyak 11 mesin perontok padi diserahkan kepada 11 pengurus kelompok tani yang ada di Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong.

“Pengadaan mesin perontok padi ini kita menggunakan APBDes tahun anggaran 2022. Kita gunakan dari pagu dana ketahanan pangan,” kata Sekretaris Desa Abdul Hasib.

Sementara program ketahanan pangan yang ada di Desa Parit Bugis meliputi bantuan alsintan berupa mesin perontok padi, bantuan pestisida dan herbisida serta pelatihan terhadap tiap-tiap kelompok tani yang ada di Desa Parit Bugis.

“Tidak hanya bantuan mesin perontok, tapi juga bantuan racun rumput serta pelatihan yang nanti akan bertahap diberikan,” lanjut Abdul hasib.

Pendamping Desa yang hadir dalam penyerahan itu menyebut Pemerintah Desa wajib menganggarkan minimal 20 persen Dana Desa (DD) untuk program ketahanan pangan.

“Berdasarkan perpres nomor 104 tahun 2021 itu, Desa wajib menganggarkan sebanyak minimal 20 persen untuk ketahanan pangan dari total dana Desa yang ada,” kata Zulhermawan.

Dengan adanya bantuan alsintan berupa mesin perontok padi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi padi yag di hasilkan oleh para petani. Juga di harapkan pengurus masing-masing kelompok Tani dapat merawat dan menjaga peralatan yang telah di berikan. (Rls/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here