Beranda Akses UNBK di Jambi Secara Umum Lancar, Meski Masih Ada Kendala Aliran Listrik

UNBK di Jambi Secara Umum Lancar, Meski Masih Ada Kendala Aliran Listrik

JAMBI, AksesNews – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Jambi, sempat terkendala akibat gangguan padamnya aliran listrik di sejumlah wilayah di beberapa sekolah.

“Hari pertama, ada beberapa kendala akibat listrik padam. Tapi secara umum lancar,” kata Ketua Ujian Nasional (UN) Provinsi Jambi, Sugiyono, Selasa (02/04/2019).

Kedala tersebut, kata Sugiyono pada umumnya cepat teratasi dan sekolah antisipasi dengan genset. Untuk hari 1, tidak ada sekolah yang harus ujian susulan karena gangguan teknis yang disebabkan oleh mati listrik PLN.

“Hari pertama UNBK SMA memang masih ada gangguan yang disebabkan listrik padam yang terjadi disejumlah daerah, namun gangguan itu tidak berlangsung lama,” katanya.

Disebutkannya, yang mengalami gangguan antara lain, Kerinci wilayah tamiai, SMAN 9 Kerinci, Muaro Jambi wilayah Bahar dan sekitarnya SMA 4, 9, 14 Muaro Jambi, Tanjabtim daerah Berbak, Tanjabbar daerah Renah Mendaluh, Bungo daerah Jujuhan, Merangin daerah Sungai Manau.

“Di Kerinci karena kendala putus kabel jaringan akibat cuaca didaerah itu pada pagi harinya sempat hujan lebat dan angin kencang yang menyebabkan kabel listrik terkena pohon tumbang,” tambahnya.

Menurutnya, kesiapan UNBK tingkat SMA sudah optimal dan tidak ada perbaikan yang signifikan. Namun, pihaknya meminta kepada semua sekolah untuk segera melapor jika ada kendala teknis agar cepat dicarikan solusinya.

“Adanya masalah yang timbul masih bisa ditoleransi dan tidak mengganggu pelaksanaan UNBK. Semuanya masih berjalan lancar. Tidak sampai mengganggu siswa dalam UNBK,” pungkasnya. (Bahara Jati)