Beranda Akses Buruh di Jambi Demo Tolak Aturan JHT Cair di Usia 56...

Buruh di Jambi Demo Tolak Aturan JHT Cair di Usia 56 Tahun

JAMBI, AksesNews – Para buruh yang tergabung dalam berbagai aliansi melancarkan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Provinsi Jambi, Rabu (02/03/2022). Aksi ini dilakukan dalam rangka menolak terbitnya Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No. 2 tahun 2022, tentang Jaminan Hari Tua (JHT) secara umum merugikan buruh.

Masta Ria Aritonang, koordinator aksi ini, mengatakan para buruh menginginkan para dewan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dapat mendengarkan aspirasi para buruh.

“Kami kecewa dengan aturan baru menteri ini, menurut kami ini sangat merugikan kami para buruh. Itu yang diberikan adalah uang kami juga, yang kami setorkan setiap bulan,” katanya.

Ia menyampaikan jika JHT baru bisa dicairkan saat umur 56 tahun, dapat merugikan buruh. Sebab ada kemungkinan para buruh tidak bekerja lagi, sebelum lanjut usia.

“Memang ini namanya jaminan hari tua. Tapi itu situasional, mungkin tidak masalah jika kita masih bekerja. Kalau kita di-PHK bagaimana? Harusnya itu bisa jadi modal kita untuk buka usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faisal Riza menyampaikan pihaknya berkomitmen mendukung para buruh dan pekerja dalam menolak aturan ini. Menurutnya aturan ini sangatlah merugikan buruh dan pekerja.

“Ini jelas merugikan buruh dan para pekerja. Kami sepakat apa yang teman teman tuntut ini akan kami perjuangkan kepada pemerintah pusat. Tidak perlu dilakukan revisi dan harus kembali dengan Permenaker No. 19 Tahun 2015 yang lama,” katanya.

Ia menjelaskan Permenaker yang lama sudah bagus. Saat sebulan pekerja di-PHK, dana itu dapat cair, sehun bisa digunakan untuk modal usaha atau lainnya.

“JHT ini adalah milik pekerja. Untuk apa ditahan tahan apalagi sekarang situasi pandemi dan kehidupan tidak sesuai dengan apa yang dirnecanakan. Di mana saat bekerja terjadi pemutusan hubungan kerja maka dana inilah yang dibutuhkan untuk modal mereka,” pungkasnya. (Sob/*)