Beranda Akses Terowongan Khusus Satwa Liar Bakal Dibangun di Tol Sumsel-Jambi

Terowongan Khusus Satwa Liar Bakal Dibangun di Tol Sumsel-Jambi

Pembangunan jalan tol Medan-Binjai. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Pembangunan jalan tol Medan-Binjai. Foto: Dok. Kementerian PUPR

JAMBI, AksesNews – Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Sumatera Selatan (Sumsel) dan Provinsi Jambi akan dibangun terowongan khusus untuk satwa liar seperti harimau. Terowongan tersebut, berada di Musi Banyuasin (Muba), Sumsel.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengungkapkan, terowongan ini dibuat karena melintasi Taman Nasional Sembilang dan Suka Margasatwa Dangku.

“Terowongan ini dibuat agar tidak mengganggu kehidupan satwa liar seperti Harimau Sumatera,” katanya, Rabu (30/12/2020) lalu.

Dodi menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan kesepatakan bersama Hutama Karya (HK) terkait rencana pembangunan, lokasi dan desain. Pihaknya memastikan akan mengawasi pembangunan agar nantinya tidak menganggu habitat satwa liar.

“Kami telah meminta kajian kepada Hutama Karya agar jalan tol tidak menganggu satwa dan merusak hutan lindung agar tidak merusak kawasan hutan terutama habitat satwa liar,” katanya.

Dodi berharap pembangunan tol Betung-Jambi ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Muba yang berada di sekitar perlintasan tol, bukan malah mematikan usaha masyarakat.

Pemkab Muba juga telah mengajukan exit tol di tiga titik, yakni Kecamatan Sungai Lilin, Tungkal Jaya, dan Kecamatan Bayung Lencir agar dapat mendorong penjualan produk UMKM maupun kuliner di sekitar tol. (Ubd/*)

Sumber: Kumparan.com

DRadio 104,3 FM Jambi