Beranda Akses Bawa 700 Gram, Penumpang Kapal dari Batam Diamankan Polisi

Bawa 700 Gram, Penumpang Kapal dari Batam Diamankan Polisi

JAMBI, AksesNews – Petugas gabungan dari Kepolisian Polres Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) kembali berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu, yang dilakukan oleh satu orang penumpang Kapal cepat SB Kurnia II, yang berlayar dari Batam-Kuala Tungkal.

Penumpang itu diamankan pada tanggal 26 Oktober 2019 lalu, Sabtu sore sekitar pukul 16.45 WIB, di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kapolres Tanjabbar, AKBP ADG Sinaga, S IK mengatakan, pelaku yang diamankan ini berinisial H (38) yang merupakan warga Dusun III, Kelurahan Suka Tua, Kecamatan Deli Tua, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Pelaku ini diamankan saat petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan rutin, pemeriksaan barang bawaan dan penumpang,” kata Kapolres didampingi Kasat Res Narkoba, AKP Eko Prasetyo Dafarta Bre Abina, SH, S.IK dan Kasat Reskrim, IPTU Dian Poernomo, SH, MH, saat menggelar konferensi pers, Jumat (01/11/2019).

Saat dilakukan pemeriksaan barang bawaan, ditemukan dua bungkusan besar dibalut lakban warna hitam dari dalam tas ransel (warna hitam-hijau) yang dibawanya. Saat bungkusan itu dibuka, ternyata berisi narkotika yang diduga jenis sabu.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan, berdasarkan keterangan pelaku, dua bungkusan besar yang berisi diduga sabu tersebut berasal dari Batam yang dikirim ke Kuala Tungkal dengan tujuan Jambi. Dan rencananya, saat pelaku tiba di Jambi, pelaku ini akan ditelpon oleh seseorang yang akan mengambil barang haram tersebut.

“Pelaku ini juga mengaku bahwa akan mendapatkan upah sebesar Rp 25 juta dari pemilik barang yang berada di Batam. Pelaku akan mendapatkan upah setelah berhasil mengantarkan barang haram tersebut ke seseorang yang berada di Jambi,” ungkap Kapolres

Selain itu, Kapolres juga menyebutkan, selain mengamankan barang bukti dua bungkus diduga sabu dengan berat 700 gram bruto. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti lainnya, berupa satu buah tas ransel warna hitam-hijau yang berisi pakaian, satu unit HP merk Xiaomi, satu lembar tiket kapal SB Kurnia II dan uang tunai Rp 60 ribu.

“Atas perbuatannya, pelaku ini terancam dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” pungkasnya. (Bjs/Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi