Beranda Akses Nikmatnya Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi

Nikmatnya Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi

JAMBI, AksesNews – Pelisir ke Provinsi Jambi saat akhir pekan, nampaknya akan lebih seru jika mencicip gulai tepek ikan. Makanan khas ini biasanya disuguhkan saat pernikahan dan acara adat.

Makanan ini memiliki bentuk jajar genjang dengan tekstur yang empuk sedikit kenyal, hasil kombinasi adonan ikan dan sagu. Kenapa akhirnya dinamai tepek ikan, karena makanan ini dibuat dengan cara ditepek atau dipipihkan.

Diisajikan dengan kuah santan, ikan tenggiri atau gabus diadon bersama tepung sagu dan bawang putih, kemudian dibentuk seperti pempek lenjer dan dimasak hingga matang.

Adonan ini lalu dicampurkan ke dalam kuah santan gulai yang gurih asam. Rasa asam pada kuah gulai berasal dari nanas. Selain nanas, setidaknya ada belasan bumbu yang jadi bahan pembuatan kuah gulai.

Seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, lengkuas, jahe, cabai merah, adas manis, santan kelapa, nanas, garam, dan gula.

Bumbu ini perlu ditumis hingga wangi lalu ditambahkan adas manis. Setelah itu barulah dihaluskan. Sementara itu, santan dipanaskan dalam panci terpisah hingga mendidih. Barulah bumbu halus tadi dimasukkan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

Lanjut membaca

DRadio 104,3 FM Jambi