Beranda Akses Pemkab Batanghari Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Pemkab Batanghari Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, di Halaman Kantor Bupati Batanghari, Sabtu (01/06/2024).

Sebagai Pembina Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari, Muhamad Azan. Anggota DPRD Kabupaten Batanghari, A. Pitoni bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila dalam upacara ini.

Sekda Kabupaten Batanghari membacakan pidato resmi Kepala Badan Pembinaan Idelogi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

“Salam sejahtera untuk kita semua, salam pancasila. Hari ini, Sabtu 1 Juni 2024 kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945,” kata Azan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025″, dengan maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dengan kemajemukan Indonesia, pancasila dan nilai-nilai yang terkandung hadir dalam kehidupan berbangsa sesuai dengan cita-cita pendirian Negara. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong, keberagaman ini dirajut dan dikemas di dalam identitas nasional “Bhineka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah, kita semua komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Pancasila senatiasa harus dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh tumpah darah Indonesia serta menjadi regulasi yang berlanskan pada semangat dan jiwa pancasila yang menjadi tauladan cerminan dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Dengan perkembangan zaman di era globalisasi ini, kemajuan teknologi yang pesat dalam aspek informasi. Di sini Pancasila diharapkan menjadi filter, agar bangsa Indonesia tidak terjadi disorientasi di masa depan.

Menurutnya, keberagaman media teknlogi merupakan menjadi manfaat positif demi keluasan informasi yang disebarkan atau yang akan diterima masyarakat dari aspek informasi positif.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat teratasi, di tengah isu krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan itu merupakan subangsih gotong royong anak bangsa dengan fondasi ideologi bangsa pada dasarnya,” kutipan Pidato resmi Yudian Wahyudi.

Upacara ini dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Batanggari, Forkompimda Batanggari, Kepala OPD lingkup Pemkab Batanghari beserta jajaran dan ASN Kabupaten Batanghari. (Ag/*)