Beranda Advertorial Pemkot dan Pemprov Bersinergi, Percepat Penanganan Covid-19 dengan Swab Mandiri

Pemkot dan Pemprov Bersinergi, Percepat Penanganan Covid-19 dengan Swab Mandiri

KOTAJAMBI, AksesNews – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha kembali mencetak lembaran sejarah penting dalam proses percepatan penanganan wabah Covid-19 di Provinsi Jambi.

Setelah sebelumnya sukses membawa bantuan Pemerintah Singapura untuk percepatan penanganan Covid-19 bagi Kota Jambi, kali ini juga sukses merealisasikan upaya sinergisitas bersama berbagai pihak untuk penanganan wabah Covid-19 di Provinsi Jambi.

Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Jambi Senin (01/06/2020), dilaksanakan penandatanganan Dokumen Sinergisitas Kerja Pemprov Jambi, Pemkot Jambi, Universitas Jambi, BPOM Jambi serta IDI Wilayah Jambi, tentang Penanganan dan Pelaksanaan Pemeriksaan Swab dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di Provinsi Jambi.

Hasil Swab Covid-19 di Jambi Lambat, Pemprov dan Pemkot Bersinergi

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Sutrisno, Ketua IDI Wilayah Jambi H. Deri Mulyadi dan mewakili Kepala BPOM Jambi.

Penandatanganan sinergisitas kerjasama tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kerjasama dan kordinasi para pihak dalam pelaksanaan dan percepatan penanganan pemeriksaan Swab dengan metode PCR Covid-19 di Provinsi Jambi.

Seluruh pihak dengan kapasitas masing-masing, bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas/sarana pendukung, SDM, tenaga ahli dan keterampilan, untuk mendukung percepatan pelaksanaan pemeriksaan Tes Swab dengan metode PCR di Provinsi Jambi.

Khusus untuk Pemerintah Kota Jambi, memiliki tugas khusus untuk menyediakan Test Kit PCR sebanyak 10.000 dan DNA/RNA Extraction Kit pemeriksaan PCR Covid-19 sebanyak 10.368 tes.

Kedua instrumen penting tersebut merupakan hasil perjuangan wali Kota Jambi sebelumnya dengan melobi Pemerintah Singapura, melalui Temasek Foundation Singapura, selain bantuan 250.000 liter hand sanitizer gratis bagi masyarakat Kota Jambi.

Dengan adanya penandatanganan sinergisitas kerjasama yang berlaku selama satu tahun tersebut, proses pemeriksaan dan test Swab bagi masyarakat Provinsi Jambi, dapat dilaksanakan secara mandiri di Kota Jambi dan hasilnya dapat segera diketahui hanya dalam hitungan jam saja.

Kabar Baik: Kota Jambi Kini Sudah Bisa Uji Swab Sendiri

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan bahwa langkah bersama dan jalinan sinergisitas seluruh stake holder dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi, akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Provinsi Jambi.

“Ini adalah suatu loncatan prestasi bagi kita di Provinsi Jambi dalam menangani wabah Covid-19 yang kita ketahui selama ini dalam pelaksanaan uji Swab kita selalu mengirimkan sampel ke Jakarta dan membutuhkan waktu hampir satu minggu,” kata Fasha.

Kemudian, Pemkot juga pernah mencoba ke Sumsel-Palembang, juga membutuhkan waktu yang lama. Hari ini dengan menandatangani kerjasama sinergisitas yang masing-masing pihak itu memberikan kontribusi simbiosis mutualisme.

“Kerjasama yang saling menguntungkan dan kami harapkan pelaksanaan Tes PCR ini akan memberikan manfaat hasil yang lebih cepat. Dengan adanya uji Swab mandiri ini nanti, PCR yang dilakukan kerjasama dari lima pihak ini nanti hanya butuh waktu beberapa jam kita sudah mengetahui hasilnya,” pungkasnya. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi