Beranda Akses Sekda: Penyakit Menular dan Kekurangan Gizi di Jambi Belum Bisa Diatasi dengan...

Sekda: Penyakit Menular dan Kekurangan Gizi di Jambi Belum Bisa Diatasi dengan Baik

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menilai Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) merupakan organisasi yang dapat berkontribusi terhadap pembangunan di Provinsi Jambi sesuai visi Adinkes yang ingin bermitra dengan pemerintah.l, dalam mewujudkan unit pelaksanaan teknis urusan kesehatan yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M. Dianto, mengatakan sampai tahun 2019, pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan telah berhasil meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat yang bermakna.

“Tentu keberhasilan itu atas kerja keras semua pihak yang terlibat,” kata Dianto, usai menghadiri pelantikan pengurus wialayah Asosiasi Adinkes periode 2019-2024 di Abadi Convention Center, Senin (01/04/2019) malam.

Meskipun terjadi peningkatan indikator pembangunan bidang kesehatan, lanjut Sekda, di Provinsi Jambi saat ini masih menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sekda menjelaskan, angka kematian ibu dan bayi masih tinggi, penyakit menular dan kekurangan gizi belum bisa diatasi dengan baik, terjadinya peningkatan penyakit Prevelasi Tidak Menular (PTM).

“Masalah kesehatan akibat bencana serta adanya disparitas pelayanan dan tenaga kesehatan bagi keluarga miskin yang perlu ditingkatkan dan tepat sasaran,” kata Dianto.

Untuk mencapai tujuan pembangunan bidang kesehatan, Sekda mengatakan, perlu kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling bahu-membahu mewujudkan peningkatan pada tingkat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Oleh karena itu, Adinkes mempunyai peran sangat penting dalam rangka mengakselerasi pembangunan kesehatan di daerah. Selamat pada pengurus wilayah Adinkes periode 2019-2024 yang baru saja di lantik.

“Kami berharap semangkin bertambah mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi terutama dalam bidang kesehatan,” ucap Sekda. (Syahrul)