Beranda Akses Jumat Bersih, Bupati Safrial Juga Sempatkan Tanam Mangrove

Jumat Bersih, Bupati Safrial Juga Sempatkan Tanam Mangrove

TANJABBAR, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar Jumat bersih dan penanaman pohon mangrove, yang dipusatkan di Sepanjang Jalan menunju pelabuhan roro, Jumat (01/03/2019) pagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh langsung kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan. Dalam acara tersebut, Bupati Safrial menyempatkan menanam pohon magrove bersama Sekda Ambok Tuo, para para Asisten, Staf Ahli, OPD, Para Kabag dan instansi vertikal.

Bupati Safrial, menyampaikan gotong-royong penanaman pohon mangrove hari ini di harapan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Pohon mangrove sendiri bermanfaat sebagai penyerap polusi, pencegah abrasi dan tsunami, penyedia hasil hutan kayu, dan sebagai tempat berlindungnya dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna.

“Kita harus lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon mangrove ini. Pohon mangrove ini sudah banyak yang rusak, sudah seharusnya kita mulai menjaga dan menanaminya,” kata Bupati.

Kedepannya, Safrial berharap agar kegiatan gotong-royong penanaman pohon mangrove ini akan terus berlanjut karena pohon mangrove sendiri merupakan pohon yang banyak menyerap karbon dioksida di banding dengan hutan tropis.

Safrial juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Program Jumat Bersih ini, menjadi fokus utama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Tidak hanya di lingkungan perkotaan, tetapi juga sampai ke desa-desa dengan melibatkan seluruh elemen.apalagi kita sudah memasuki musim penghujan,diperlukan peran masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar,” tutupnya. (Dika)