Beranda Akses Guru SDN 47 Kota Jambi Dilatih MIKiR

Guru SDN 47 Kota Jambi Dilatih MIKiR

KOTAJAMBI, AksesNews – Saat ini, sudah tidak zamannya lagi pembelajaran monoton di dalam kelas, seperti siswa yang hanya menjadi obyek pembelajaran. Namun di era pembelajaran abad 21 ini, guru juga harus mampu mengantarkan siswa berkomunikasi, bekerja sama, berfikir kritis disertai refleksi hasil pembelajaran.

Hal itu ditegaskan oleh Ansori, Kepala SDN 47 Kota Jambi disela-sela membuka acara Diseminasi Program PINTAR Tanoto Foundation di Ruang Aula Sekolah, Jumat (01/02/2019).

Selain itu, Ansori juga menambahkan, untuk mewujudkan pembelajaran abad 21 pihaknya ingin guru-guru di SDN 47 Kota Jambi yang belum mendapatkan pelatihan pendekatan MIKiR Tanoto Foundation juga mendapatkan pelatihan yang sama seperti guru lainnya.

“Gayung pun bersambut, setelah kami mendiskusikan dengan dewan guru, orang tua dan komite sekolah, mulai Jum’at ini kami latih 60 guru untuk program PINTAR Tanoto Foundation,” kata Ansori.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan modul 1 program PINTAR tersebut, Ansori membentuk fasilitator guru. “Guru-guru yang telah mendapatkan pelatihan tersebut, kita singkat fasgur, alias fasilitator guru untuk melatih guru lainnya,” tambahnya.

Nur Hasanah Siregar, salah seorang fasilitator guru di SDN 47 Kota Jambi, pendekatan MIKiR yang dikembangkan Tanoto Foundation sangat cocok dengan pembelajaran abad 21.

“Dengan MIKiR kita bisa menerapkan pembelajaran abad 21 melalui mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi,” ungkap Nana, panggilan akrabnya.

Pihaknya berharap setelah adanya diseminasi ini guru-guru DI SDN 47 semakin terpacu untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

“Dengan pelatihan ini saya harap, teman-teman guru bisa menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks,” pungkasnya. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi