Beranda Jurnal Upaya Peningkatan Hasil Belajar MTK melalui Discovery Learning 

Upaya Peningkatan Hasil Belajar MTK melalui Discovery Learning 

JURNAL, AksesNews – Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Discovery Learing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SDN 215/VII Meranti Baru IV?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Discovery Learing hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah kajian sistematik tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melaui tindakan praktis yang dilakukan dan melalui refleksi atas hasil tindakan tersebut. 

Manfaat penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan keilmuan dan pengembangan profesi pendidik. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 215/VII Meranti Baru IV dengan jumlah 8 siswa yang teridiri dari 4 perempuan dan 4 laki-laki. 

Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan: keaktifan belajar peserta didik kelas IV SDN 215/VII Meranti Baru IV. 

Pada pra siklus prosentase keaktifan belajar sebesar 50% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50% , siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. 2. 

Melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 215/VII Meranti Baru IV materi operasi pecahan perkalian. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas IV SDN 215/VII Meranti Baru IV. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Discovery Learning, MATEMATIKA 

DOWNLOADUPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 215/VII MERANTI BARU IV 

Penulis: Efrida Nursyanthi Siagian, S.Pd 

SDN 215/VII Meranti Baru IV 

Email: nursyanthiefrida@gmail.com 

DRadio 104,3 FM Jambi