Beranda Jurnal Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran PBL

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran PBL

JURNAL, AksesNews – Rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 53/I Tebing Tinggi yag masih memiliki nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 30 siswa, hanya terdapat 13 siswa yang mencapai KKM. 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkn model Pembelajaran Based Learnig (PBL) yang dilaksanakan di SD 53/I Tebing Tinggi dengan 30 siswa yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.

Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi penyajian data. 

Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). 

Hasil belajar siswa   mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 13 siswa Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 19 siswa Siklus II siswa yang mencapai KKM 25 siswa. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Based Learning (PBL), Matematika 

DOWNLOADUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 53/I TEBING TINGGI 

Penulis: Puji Lestari, S.Pd 

SD Negeri 53/I Tebing Tinggi

Email: Pujilestari02092019@gmail.com 

DRadio 104,3 FM Jambi