Beranda Jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Zat Tunggal & Campuran dengan Metode Demonstrasi  

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Zat Tunggal & Campuran dengan Metode Demonstrasi  

JURNAL, AksesNews – Permasalahan utama adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD SDN 184/I Johor Baru pada pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran. 

Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti menerapkan metode pembelajaran demontrasi yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 184/I Johor Baru pada pelajaran IPA pada materi zat tunggal dan zat campuran.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Targgart. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Pelaksanaan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing dua tindakan/pertemuan. 

Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus I nilai rata-rata mencapai 6,5 ini di kategorikan belum berhasil. Pada tindakan kedua nilai rata-rata mencapai 6,8 ini dikategorikan sudah cukup.

Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus II nilai rata-rata mencapai 6,9 dan tindakan ke dua mencapai 7,5 berada dalam kategori baik. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ipa materi zat tunggal dan zat campuran siswa SDN 184/I Johor Baru kelas V meningkat dengan penerapan metode demontrasi.

Kata Kunci: Hasil Belajar; metode demontrasi; IPA 

DOWNLOADMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS V SDN 184/I JOHOR BARU 

Penulis: Apriyani, S.Pd 

SDN 184/I Johor Baru

Email: apriyanirokim@gmail.com 

DRadio 104,3 FM Jambi