Beranda Jurnal Mengoptimalkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar melalui Program Literasi Sekolah

Mengoptimalkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar melalui Program Literasi Sekolah

JURNAL, AksesNews – Gerakan Literasi Sekolah merupakan program baru yang diusung pemerintah. Program literasi lahir dilandasi kondisi pendidikan yang belum membudaya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas 6 SD Negeri 154/IV Kota Jambi.

Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan simpulan (conclution). Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis.

Usaha yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi hambatan pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah guna mengoptimalkan budaya membaca siswa, yang pertama yaitu menambah sarana prasaraana berupa pengadaan buku – buku yang menarik minat membaca siswa.

Langkah kedua yang dilakukan pihak sekolah adalah melakukan sosialisasi yang lebih intens kepada semua siswa tentang adanya kegiatan literasi terutama tahap pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Langkah ketiga yaitu secara berkala menghadirkan perpustakaan keliling untuk datang ke sekolah.

Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Budaya Membaca

DOWNLOAD: MENGOPTIMALKAN BUDAYA MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGAM LITERASI SEKOLAH

Penulis: Dewi Mustika, S. Pd
SD Negeri 154/IV Kota Jambi, Provinsi Jambi
dewimustika247@gmail.com

DRadio 104,3 FM Jambi