Beranda Jurnal Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA melalui Penggunaan Model PBL

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA melalui Penggunaan Model PBL

JURNAL, AksesNews – Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 212/VII Jernang Kabupaten Sarolangun masih rendah karena dalam penyampaian materi didominasi metode ceramah, guru kurang mengaitkan penyampaian materi dengan permasalahan nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.

Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas merupakan langkah atau serangkaian proses yang dilaksanakan guru dalam dan selama pembelajaran. Tujuan Penelitan Tindakan Kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.

Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 212/VII Jernang yang berjumlah 9 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan: keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 212/VII Jernang. Pada pra siklus menunjukkan hasil keaktifan belajar siswa mencapai 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II mencapai 88,89%.

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 212/VII Jernang materi system peredaran darah pada manusia. Pada pra siklus, nilai siswa berkisar 44,44%, masih dibawah KKM yaitu 70,pada siklus I nilai rata-rata mencapai 77,78 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %.

Sesuai dengan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelaajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia di setiap siklusnya.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, IPA

DOWNLOAD: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 212/VII JERNANG MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Penulis: RINI APRIANI,S.Pd
SDN 212/VII JERNANG
Email: riniriniapriani1989@gmail.com

DRadio 104,3 FM Jambi