Beranda Jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning 

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning 

JURNAL, AksesNews – Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar melalui model pembelajaran Discovery Learning. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa, hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 62,00. 

Dari 10 siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 5 orang siswa (50 persen) sedang 5 orang siswa yang lain belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini, merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. 

Subjek dari penelitian ini, adalah peserta didik kelas IV SDN 009 UPT IV Sumber Makmur Jaya Kecamatan Teluk Belengkong sebanyak 10 peserta didik. Data dari penelitian ini adalah data dokumenter, data hasil observasi aktivitas peserta didik dan aktivitas guru serta data hasil belajar peserta didik. 

Penelitian ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan prosentase di siklus 1 sebesar 60 persen dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90 persen dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 30 persen.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Matematika

DOWNLOAD: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SDN 009 UPT IV SUMBER MAKMUR JAYA KECAMATAN TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Penulis: Tumini Lestari, S.Pd.SD

Guru Kelas IV SDN 009 UPT IV Sumber Makmur Jaya

Email: tuminilestari22@gmail.com

DRadio 104,3 FM Jambi