Beranda Jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Model Discovery Learning

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Model Discovery Learning

JURNAL, AksesNews – Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 64,13. Dari 23 siswa, yang mencapai nilai diatas KKM  sebanyak 11 orang siswa (47,82%), sedangkan siswa yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 12 siswa (52,17%), nilai KKM yang ditetapkan adalah 70.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 97/IV Kecamatan Kotabaru Kota Jambi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes dan non tes (observasi). Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran  discovery learning pada pembelajaran IPA  materi Gaya dan Gerak  di kelas IV SDN 97/IV Kotabaru menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajarnya pada tiap siklus.

Siklus I mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 71,96 dan ketuntasan klasikal 73,91% serta aktivitas siswa 65,21 %. Pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata hasil belajar 83,04 dengan ketuntasan klasikal 91,30% dan aktivitas siswa 82,60%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Gaya dan Gerak di kelas IV SDN 97/IV Kecamatan Kotabaru Kota Jambi.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Discovery Learning, IPA

DOWNLOAD: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 97 /IV KECAMATAN KOTABARU KOTA JAMBI

Penulis: Monika Septiani, S.Pd

Guru SDN 97/IV Kota Jambi

Email: septianimonika86@gmail.com

DRadio 104,3 FM Jambi