Beranda Daerah Merangin Dari Polisi Hingga Menjadi Bupati Merangin, Ini Profil Singkat H. Nalim

Dari Polisi Hingga Menjadi Bupati Merangin, Ini Profil Singkat H. Nalim

MERANGIN, AksesJambi.com – Dr. Drs. H. Nalim, SH., MM, lahir Desa Ngaol, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, 1 Juni 1960. Meski lahir dari keluarga sederhana di lingkungan Desa terpencil dengan kehidupan masyarakat sebagian besar Petani karet dan sawit. Nalim kecil menjelma menjadi sosok pejuang keras dan tanpa mengenal lelah.

Betapa tidak, dengan kondisi ekonomi orang tua yang pas-pasan tak menyurutkan perjuangan Nalim kecil untuk menjadi pribadi berprestasi. Diusia 12 tahun, tepatnya ditahun 1972, Nalim kecil membuat keputusan penting dalam hidupnya yakni memilih merantau dari kampung halamannya untuk menimba ilmu pengetahuan.

Hal ini disebabkan belum adanya sarana pendidikan Sekolah Dasar di Desa Ngaol kala itu, sehingga memaksa Nalim kecil merantau ke Desa Seling Kecamatan Tabir, untuk mengikuti pendidikan Sekolah Dasar dan diikuti pengajian Madrasah disore harinya. Tiga tahun kemudian, tepatnya kelas 3 Nalim kecil pindah ke SD Negeri 3 Rantau Panjang hingga tamat.

Istilah ‘Tuntutla Ilmu sampai ke Negeri Cina’ sangat cocok disematkan kepada Nalim kecul. Dengan tekad kuat, setelah tamat SD, Nalim kembali mengembara mencari ilmu kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Yakni, SMP Hiang dikabupaten kerinci hingga 1979.

Ditahun berikutnya, tepatnya 1980 Nalim kecil merantau ke Solok, Sumatera Barat. Mendaftar menjadi Polisi dan diterima menjadi Tamtama Polisi. Setelah menyelesaikan pendidikan Kepolisian mendapat pangkat Prajurit Dua (Prada) dan ditugaskan di Polres Solok.

Selain melaksanakan tugas sebagai Prada Polisi, Nalim Remaja melanjutkan Pendidikan ke tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Solok dan tamat tahun 1983. Kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Fakultas Dakwah, IAIN Imam Bonjol dan lulus tahun 1991.

Dikepolisian sendiri, Nalim mendapat penghargaan berupa kenaikan pangkat Sersan Dua (Serda) ditahun 1985, Letnan Dua (Letda) tahun 1992 dan meraih gelar Komisaris Polisi (Kompol) Tahun 2004.

Sementara itu, jenjang karir dikepolisian. Diantaranya, menjadi Kapolsek Kecamatan Bayang Tahun 1994 – 1995, Kapolsek Pancung Soal Kecamatan Indopuro Kabupaten Pesisir Selatan selama 3,5 Tahun, hingga Tahun 1998. Kasubbag Dalper Polda Sumbar selama 3 tahun dan tahun 2004 dipromosikan menjadi Kabag Dalpers Biro Personil Polda Sumbar.

Selama berdinas di Kepolisian, H Nalim tiga kali menerima tanda jasa, yakni Kapolsek Teladan/Perwira terbaik 1995 dari Kapolda Sumbar, Setya Lencana Ketian 24 tahun dari Kapolri dan Setya Lencana Bintang Bhayangkara Nararya 2005 dari Presiden RI.

Dijenjang pendidikan formal, Nalim menyelesaikan pendidikan S1 Hukum tahun 2006 dan menamatkan S2 Manajemen tahun berikutnya di Universitas Padang.

Pada tanggal 11 Maret 2008, Nalim resmi menanggalkan Profesinya sebagai aparat penegak hukum, dan menjadi Calon Bupati Merangin berpasangan dengan Hasan Basri Harun.

Tak sia-sia, pasangan Nalim – HBH mampu memenangkan hati rakyat Merangin, dan terpilih sebagai Bupati Merangin Periode 2008-2013. mengalahkan pasangan Madel – Zainul Arfan dan Handayani – Saptono.

Banyak perubahan terjadi selama 5 Tahun Kepemimpinan Nalim – HBH, hal ini terlihat dari beberapa penghargaan yang diraih. Yakni, Pelopor Berani Tampil memberantas Korupsi tahun 2009. Adipura Kategori Kota kecil selama empat tahun berturut – turut dari tahun 2009 hingga 2013. Satya Lencana Pembangunan bidang Pertanian dari Presiden RI tahun 2011.

Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2013, Nalim yang maju berpasangan dengan H Salam dalam pencalonan sebagai Bupati Merangin Periode 2013 – 2018. Kalah oleh pasangan Al Haris – Khafid.

Kini, Setelah lima tahun berlalu. Nalim kembali maju dan berpasangan dengan Khafid yang nota bene merupakan Cawabup Petahana, akan bertarung memperebutkan pucuk pimpinan Bumi Tali Undang Tambang Teliti, Periode 2018 – 2023. Melawan petahana Al Haris – Mashuri dan Ahmad Fauzi Anshori – Sujarmin.

Berikut Profil Kandidat Calon Bupati Merangin Nomor Urut 3:

Nama: Dr. H. NALIM, SH.MM

Tempat Tgl Lahir: Ngaol, 1 Juni 1960

Agama : Islam

Istri : Dra. Hj. Sukma Jaya

Anak 3 : Rahmat Hidayat, Nia Sarah Salsabilla, Budiman Vival Hakki

Riwayat Pendidikan :

  • SD Rantau Panjang Bangko Thn.1974
  • SMP Hiang Kerinci Thn.1979
  • MAN Solok Thn.1983
  • S1 Agama Padang Thn.1991
  • S1 Hukum Padang Thn.2006
  • S2 Magister Manajemen Padang Thn.2006
  • S.3. Manajemen Jakarta Thn.2015

Riwayat Organisasi :

  • Ketua Pengurus Peserta Joint Seminar Peningkatan Nilai-Nilai Islam Dalam Pembangunan Umat Pemerintah Sumbar Dengan Malaysia
  • Ketua PSSI Jambi
  • Ketua APKASI Jambi dan Ketua Bidang Hukum Apkasi Republik Indonesia

Riwayat Pekerjaan :

  • Kapolsek Bayang dan Kapolsek Pancung Soal Polres Pessel Polda Sumbar
  • Kasubbag Rim Diaga dan Dit Kasubbag Psi Ro Pers Polda Sumbar
  • Kabag Dalpers Ro Pers Polda Sumbar
  • Kasat III Tijpikor Dit Reskrim Polda Sumbar
  • Bupati Merangin Periode 2008 – 2013

Tanda Penghargaan :

  • Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun dari Kapolri Thn. 2004
  • Satya Lencana Bintang Bhayangkara Nararya Dari Presiden Thn. 2005
  • Pelopor Berani Tampil Dalam Pemberantasan Korupsi Thn. 2009
  • Adipura Kategori Kota Kecil 2009 4 kali secara berturut-turut Thn. 2009
  • Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian dari Presiden Republik Indonesia Tahun. 2011.

(Irin)

DRadio 104,3 FM Jambi